KONSULTASI OTOMOTIF

Jenis Knalpot Sepeda Motor Hindari Tilang Polisi

CNN Indonesia | Minggu, 13/06/2021 14:36 WIB
Pemilik sepeda motor jangan asal membeli produk knalpot racing. Perhatikan regulasi pemerintah yang mengatur suara knalpot untuk hindari tilang dari polisi. Ilustrasi knalpot racing. (Foto: Istockphoto/Corosukechan3)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Jenis knalpot racing atau produk aftermarket yang dijual di toko untuk sepeda motor?

Penanya: @ordohandaru

Jawaban: Untuk pemakaian knalpot racing pada dasarnya melihat peruntukannya itu terlebih dahulu. Knalpot racing berdasarkan aturan jelas dilarang karena tingkat kebisingannya atau nilai Db noise sangat tinggi dibanding knalpot standar.


Akan tetapi sekarang ini sudah ada knalpot yang telah memakai desibel atau db killer atau sebagai tambahan peredam suara knalpot racing.

Saran saya pilihlah knalpot racing yang sesuai dengan peraturan pemerintah atau instansi terkait yang nilai kebisingannya lebih rendah dan tidak mengganggu pengguna jalan lain.

Hamzah - Jakarta Timur HM Motor Garage

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.com.

(mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK