5 Cara Terhindar dari Penipuan Lewat Whatsapp

tim, CNN Indonesia | Minggu, 13/06/2021 08:35 WIB
Hati-hati jika ada nomor tak dikenal tiba-tiba mengirim pesan melalui Whatsapp dan meminta Anda klik tautan. ika sebelumnya banyak orang melakukan aksi penipuan melalui SMS dan telepon seluler, belakangan, aksi jahat ini dilakukan melalui aplikasi Whatsapp. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perubahan teknologi komunikasi tidak menghentikan aksi penipuan yang dilakukan beberapa oknum. Jika sebelumnya banyak orang melakukan aksi penipuan melalui SMS dan telepon seluler, belakangan, aksi jahat ini dilakukan melalui aplikasi Whatsapp.

Modus penipuan melalui Whatsapp biasanya berupa phising. Melalui sebuah pesan, seseorang akan diarahkan mengeklik tautan.

Tindakan ini sepertinya sederhana, namun akibatnya besar seperti pembajakan akun ataupun penyalahgunaan data pribadi.


CNNIndonesia.com telah merangkum beberapa cara agar pengguna Whatsapp terhindar dari penipuan atau bentuk kejahatan lainnya. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Verifikasi Dua Langkah

Aplikasi Whatsapp menyediakan fitur verifikasi dua langkah. Cara kerja fotur ini dimulai dengan enam digit PIN yang didaftarkan pengguna. Pengguna juga bisa memilih memasukkan alamat email.

Secara rutin dan berkala, Whatsapp akan meminta penggunanya untuk memasukkan kode 6 digit ini. Jika yang bersangkutan lupa, otoritas Whatsapp akan mengirim pemberitahuan melalui email.

Penting diketahui, kode 6 digit ini tidak boleh disebarkan kepada siapapun. Sebab, kode ini merupakan kunci akses menggunakan Whatsapp Anda.

Hal lain yang harus dicatat adalah bahwa pengguna Whatsapp tidak boleh mengeklik tautan pada email yang meminta penyetelan ulang kode pendaftaran atau PIN. Sebab, bisa jadi seorang oknum tengah berupaya merebut akses pengguna Whatsapp.

Cara menggunakan fitur verifikasi dua langkah ini tidak sulit. Pengguna membuka menu "pengaturan", kemudian opsi "akun", dilanjutkan dengan memilih "Verifikasi Dua Langkah". Kemudian, ikuti petunjuk selanjutnya.

5 Cara Terhindar dari Penipuan Lewat Whatsapp

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK