Facebook Rancang Smartwatch dengan Kamera Bisa Dilepas

can, CNN Indonesia | Senin, 14/06/2021 09:35 WIB
Smartwatch dari Facebook untuk menanggapi produk sejenis yang sudah lebih dulu dibuat Apple dan Google. Logo Facebook. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan teknologi Facebook dikabarkan tengah merancang jam tangan pintar (Smartwatch) pertamanya yang dilengkapi dua kamera. Bagian menariknya salah satu kamera bisa dilepas untuk mengambil gambar atau video.

Smartwatch itu kemungkinan akan dinamai Facebook Watch, memiliki kamera utama di bagian depan untuk menunjang panggilan video kualitas HD 1080p. Sementara di bagian belakang disertai kamera yang dapat dilepas.

Facebook dikabarkan sedang menggaet perusahaan lain untuk membuat aksesori perangkat, untuk memasang kamera tersebut.


Facebook bekerja sama dengan operator nirkabel di Amerika Serikat (AS) untuk mendukung konektivitas LTE di smartwatch. Hal itu berarti perangkat ini tidak hanya digunakan untuk telepon saja.

Pengembangan ini merupakan bagian dari rencana CEO Facebook Mark Zuckerberg membangun lebih banyak perangkat agar menghindari doupoli Apple dan Google.

Kedua pengembang ponsel itu dianggap sebagai produsen dominan, yang diklaim mengontrol kemampuan Facebook untuk menjangkau penggunanya.

Apple telah secara agresif memposisikan dirinya sebagai pelindung privasi dengan membatasi jenis data yang dapat dikumpulkan oleh aplikasi seperti Facebook. Sementara Facebook telah bertahun-tahun dikepung penanganan data pengguna.

Dinamika itu disebut merupakan perjuangan berat bagi Facebook untuk meyakinkan orang agar membeli produk pesaing Apple Watch yang akan datang. Terutama karena ia juga berencana untuk memposisikan jam tangan sebagai perangkat kebugaran dengan monitor detak jantung.

Dalam versi jam tangan masa depan, Facebook berencana membuat perangkat input utama kacamata augmented reality, yang menurut Zuckerberg suatu hari akan ada di mana-mana seperti ponsel.

Facebook baru akan merilis jam tangan itu pada musim panas 2022 dan dibanderol dengan harga US$400 atau senilai Rp5.680.160 (kurs Rp14.200). Tetapi harga itu disebut masih tetantif.

Dikutip dari The Verge, ketertarikan Facebook dalam membangun jam tangan pintar sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Hal itu terlihat saat Facebook mengakuisisi produsen smartwatch, Fitbit pada 2019.

Sejak itu, Facebook telah menghabiskan dana sekitar US$ 1 miliar untuk mengembangkan versi pertama jam tangan mereka.

Dikutip dari Engadget, juru bicara Facebook enggan berkomentar banyak soal pengembangan smartwatch itu. Berdasakan informasi sebelumnya, Facebook dikabarkan merancang jam tangan pintar dengan fitur kesehatan dan perpesanan, tetapi tidak mengungkap detail tentang kamera dan spesifikasinya.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK