TIPS OTOMOTIF

Kenali Ciri Karet Wiper Rusak, Berisiko Saat Hujan

CNN Indonesia | Senin, 14/06/2021 16:02 WIB
Wiper rusak bisa sangat mengganggu, terutama ketika mengemudi dalam kondisi hujan deras. Wiper. (iStockphoto/georgeclerk)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyapu kaca alias wiper adalah salah satu komponen yang sering kali terlupakan sampai akhirnya dibutuhkan saat hujan. Walau tak sering digunakan wiper juga bisa rusak dan setiap pemilik mobil mesti mengenal ciri-cirinya.

Wiper bisa tak bekerja sesuai fungsi aslinya kendati penampakannya masih terlihat bagus. Bagian penting wiper yang perlu dicek rutin adalah karet.

Berikut beberapa ciri wiper rusak menurut Toyota Astra Motor:


Berisik

Karet wiper yang kondisinya masih bagus tidak akan mengeluarkan suara saat bekerja. Hal ini dikarenakan karena bagian masih kondisi lentur sehingga menyapu kotoran dan gerakannya mengikuti permukaan kaca dengan optimal.

Saat karet sudah mengeras bisa menimbulkan bunyi karena bergesekan dengan kaca. Jika sudah sampai seperti ini disarankan segera mengganti karet dengan komponen baru agar tak mengganggu perjalanan.

Tidak menyeka sempurna

Wiper yang kondisinya masih bagus akan bekerja sempurna menyeka air di permukaan kaca. Jika saat bekerja malah meninggalkan kotoran itu tandanya perlu dicek, dibersihkan, atau diganti jika tak kembali seperti biasa.

Wiper punya tugas memberikan visibilitas dalam kondisi hujan, sebab itu kemampuannya menyapu kotoran sangat penting. Terlalu lama dibiarkan juga bisa menggores kaca.

Timbul garis air

Salah satu ciri karet wiper sudah rusak, misalnya mengeras, yakni menimbulkan jejak garis air setelah digunakan. Garis air ini bisa mengganggu pemandangan dan berisiko pada keselamatan mengemudi.

Jika hal itu sudah terjadi pada wiper kaca, disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru.

Gerakan tidak lancar

Cara kerja wiper di mobil biasanya bergerak dari kanan ke kiri, atau sebaliknya. Apabila karet dalam kondisi tidak layak maka bisa timbul gerakan tidak lancar saat menyapu air.

Kondisi seperti ini juga akan menyulitkan Anda saat hujan lebat turun.

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK