Microsoft Akhiri Dukungan Windows 10 pada 2025

CNN Indonesia | Selasa, 15/06/2021 23:01 WIB
Microsoft mengakhiri dukungan Windows 10 pada 14 Oktober 2025. Microsoft mengakhiri dukungan Windows 10 pada 14 Oktober 2025. (Dok. Xiaomi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan teknologi berbasis di Amerika Serikat, Microsoft, mengumumkan penghentian dukungan untuk Windows 10 pada 14 Oktober 2025.

Pemberhentian dukungan pada 2025 menjadi penanda setelah lebih dari 10 tahun sejak pertama kali Windows 10diperkenalkan ke publik. Penghentian dukungan akan berdampak ke seluruh edisi yakni Home, Pro, Pro Education, dan Pro for Workstations.

Hal ini tertulis dalam situs resmi Microsoft yang menyebut dukungan untuk Windows 10 Pro/Home akan dihentikan pada 14 Oktober 2025. 


Ini adalah kali pertama Microsoft mengumumkan akhir dukungan untuk Windows 10. Situs yang membahas informasi seputar Windows, Thurrott melaporkan hal ini bisa menjadi petunjukbahwa versi Windows terbaru sedang dalam pengembangan.

Dikutip The Verge, Microsoft memang sempat telah memberikan banyak petunjuk bahwa mereka siap meluncurkan Windows 11.

Pembuat perangkat lunak itu mengadakan acara khusus Windows untuk mengungkapkan "generasi selanjutnya" dari OS di minggu depan.

Eksekutif Microsoft juga telah memberi bocoran pengumuman generasi Windows berikutnya sejak beberapa bulan lalu.

Microsoft diharapkan mengumumkan versi baru Windows dengan perubahan antarmuka pengguna yang signifikan, dan perombakan pada Windows Store.

Perusahaan besutan Bill Gates itu telah mengerjakan sesuatu dengan nama "Sun Valley," yang oleh perusahaan disebut sebagai "peremajaan visual Windows."

Sebelumnya, Microsoft berencana untuk memberikan dukungan selama 10 tahun untuk Windows 10. Sehingga, dukungan untuk sistem operasi lawas ini akan berakhir pada 13 Oktober 2020.

Namun, sepertinya Microsoft masih belum mengakhiri dukungan mereka atas sistem operasi lawas ini. Sebab, perusahaan itu terus memberikan pembaruan rutin dan memperluas dukungan aktif Windows 10.

(can/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK