EDUKASI & FITUR

Mengenal Teknologi Run-Flat, Ban Tahan Bocor Tak Bikin Pusing

fea, CNN Indonesia | Senin, 21/06/2021 09:30 WIB
Teknologi run-flat membuat ban bocor, bahkan tanpa tekanan udara, bisa dipakai sejauh 80 kilometer dengan kecepatan maksimum 80 kpj. Ilustrasi ban. (MMKSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ban kendaraan bocor entah tertusuk benda tajam atau faktor usia pemakaian adalah masalah yang bisa terjadi di jalanan, namun hal ini bisa diantisipasi lebih aman menggunakan teknologi yang dinamakan run-flat.

Run-flat merupakan teknologi pengamanan pada ban yang dapat membuatnya tetap bisa digunakan dalam periode tertentu sehingga pengemudi dapat menemukan tempat aman untuk reparasi.

Fungsinya menunda masalah kebocoran, sehingga kendaraan tak perlu berhenti seketika di tengah jalan yang bisa menyulitkan buat banyak orang.


Ban run-flat dapat digunakan sejauh 80 kilometer dengan kecepatan maksimal 80 kilometer per jam setelah mengalami kerusakan, bahkan ketika tekanan udara nol.

"Goresan atau lubang karena benda tajam maupun abrasi ketika sedang berkendara kerap menyebabkan tekanan udara pada ban berkurang. Ban jenis HRS [Hankook run-flat System] memiliki keunggulan self-sealing, di mana ban dapat mencegah kendaraan membelok di luar kendali saat kondisi tersebut, sehingga membantu menekan risiko kecelakaan di jalan." jelas National Sales Manager Hankook Tire Sales Indonesia Apriyanto Yuwono dalam keterangan resminya.

Setidaknya ada empat keuntungan menggunakan ban run-flat, yakni:

1. Tak perlu ban cadangan

Ban run-flat dapat diandalkan sehingga mobil tidak perlu ban cadangan, berbagai produsen juga sudah menerapkannya pada mobil baru yang dilengkapi teknologi ini.

Tanpa ban cadangan ruang, berikut juga dengan perlengkapan mengganti ban, artinya semakin banyak ruang yang bisa dimanfaatkan dalam mobil. Selain itu tanpa ban serep juga berarti bobot mobil berkurang yang bisa memperbaiki efisiensi konsumsi bahan bakar.

2. Stabil saat ban bocor

Ban bocor bisa berisiko kecelakaan sebab dapat mengurangi kestabilan dan mengganggu cara mengemudi. Penggunaan ban run-flat dapat membantu pengendalian meski kondisinya bocor atau kurang tekanan udara, namun perlu dipahami ban tetap harus diperbaiki secepatnya jika sudah berada di tempat aman.

3. Tak perlu cemas saat bocor

Kebocoran ban bisa terjadi di mana saja, termasuk saat macet. Anda tak perlu cemas atau panik sebab ban run-flat tahan untuk kondisi seperti ini.

4. Rasa aman dan nyaman

Merasa aman dan nyaman karena tak khawatir jika ban bocor bikin masalah besar bisa sangat berarti buat banyak orang. Keyakinan seperti ini menambah rasa percaya diri saat berkendara.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK