TIPS OTOMOTIF

Cara Pakai Helm dengan Tali Double D-ring

fea, CNN Indonesia | Rabu, 16/06/2021 20:25 WIB
Pengikat tali double D-ring pada helm dianggap paling amat kendati cara pakainya lebih rumit dibanding jenis lainnya. Helm dengan tali pengikat double D-ring. (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada beberapa jenis tali pengikat helm, namun mungkin yang paling sulit dipahami sebagian orang adalah double D-ring. Cara pakai jenis ini lebih rumit dan tidak berbunyi 'klik' seperti quick release atau 'krek' pada micro metric.

Jenis quick release dan micro metric paling banyak digunakan helm di pasaran, sedangkan double D-ring biasanya dipakai untuk helm balapan kemudian merambat ke helm-helm premium.

Sesuai namanya, pengikat double D-ring bentuknya dua besi berbentuk huruf D. Cara pakainya yakni tali disimpulkan di kedua besi itu lalu terakhir bagian penguncinya dilekatkan.


Pengikat double D-ring dianggap paling aman lantaran sulit terlepas, meski begitu cara pakainya cukup sulit jika masih menggunakan sarung tangan.

Jika melihat bentuknya mungkin banyak orang bingung cara memakainya, namun sebenarnya cukup sederhana. Berikut tips cara pakai helm dengan jenis tali pengikat double D-ring:

Helm dengan tali double D-ring.Helm dengan tali pengikat double D-ring. (CNN Indonesia/Febri Ardani)

1. Masukkan tali ke masing-masing lubang ring, pastikan kedua ring berhimpitan agar mudah. Pastikan juga tali tidak tidak kusut dan bagian kancing menghadap ke atas.

Helm dengan tali double D-ring.Helm dengan tali pengikat double D-ring. (CNN Indonesia/Febri Ardani)

2. Lalu geser salah satu ring, yakni yang terdapat semacam tali atau penarik, kemudian lipat tali hingga masuk ke lubangnya. Jika sudah tarik tali sambil menyesuaikan posisi nyaman, pastikan tidak terlalu ketat agar tak mencekik leher dan tak longgar biar helm tidak goyang berlebihan.

Helm dengan tali double D-ring.Helm dengan tali pengikat double D-ring. (CNN Indonesia/Febri Ardani)

3. Pasang kancing di posisi yang benar, kemudian atur lagi panjang tali jika masih longgar atau terlalu kencang.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK