TIPS TEKNOLOGI

5 Efek Blokir WhatsApp yang Perlu Diketahui

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 19/06/2021 08:10 WIB
Aplikasi pesan instan WhatsApp memiliki fitur blokir atau blok. Terdapat sejumlah efek blokir WhatsApp yang perlu Anda ketahui. Aplikasi pesan instan WhatsApp memiliki fitur blokir atau blok. Terdapat sejumlah efek blokir WhatsApp yang perlu Anda ketahui.(Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi pesan instan WhatsApp memiliki fitur blokir atau blok. Terdapat sejumlah efek blokir WhatsApp yang perlu Anda ketahui.

Fitur blok berguna untuk membekukan pesan atau panggilan dari suatu nomor. Fitur ini dapat bermanfaat bagi Anda untuk menghindari gangguan, mencegah spam, dan mencegah modus penipuan.

Namun, sebelum memutuskan untuk memblokir, pertimbangkan baik-baik karena fitur ini dapat memutus komunikasi dengan nomor tersebut.


Berikut efek blokir WhatsApp yang perlu diketahui.

1. Tidak dapat mengirim pesan

Ilustrasi WhatsAppEfek blokir WhatsApp adalah tidak dapat mengirim pesan kepada nomor yang diblokir. Mereka juga tidak bisa mengirim pesan kepada Anda. (Foto: istockphoto/ oatawa)

Nomor WhatsApp yang sudah Anda blokir tidak akan bisa mengirim pesan WhatsApp kepada Anda, baik berupa foto, video, tautan dan lain sebagainya.

Namun, nomor tersebut tetap masih bisa mengirim pesan melalui SMS kepada Anda. Anda juga perlu memblokirnya melalui kontak manual sehingga nomor asing tersebut benar-benar putus akses dan tidak bisa mengirim pesan melalui SMS.

2. Tidak dapat melakukan panggilan

Ilustrasi Ponsel Sony XperiaEfek blokir WhatsApp adalah tidak dapat melakukan panggilan telepon maupun video call melalui aplikasi WhatsApp. (Foto: Jeshoots)

Kontak yang sudah diblokir juga tidak bisa melakukan panggilan telepon atau video call melalui WhatsApp kepada Anda.

Namun, nomor tersebut masih dapat melakukan panggilan di luar aplikasi WhatsApp seperti telepon biasa.

3. Tidak bisa mengetahui info online dan last seen

Pada nomor WhatsApp yang tidak diblokir, pengguna kontak bisa saling mengetahui status aktif dengan keterangan online dan kapan terakhir dilihat atau last seen.

Sedangkan pada nomor yang sudah diblokir, Anda dan kontak tersebut sama-sama tidak dapat melihat status online maupun terakhir dilihat.

4. Tidak bisa melihat foto profil dan bio

Efek blokir WhatsApp ini turut memutus akses sehingga nomor yang dibisukan tidak bisa melihat foto profil dan bio Anda.

Sebaliknya, Anda masih tetap bisa melihat pembaruan foto profil atau bio dari nomor yang diblokir apabila mereka tidak memblokir nomor Anda.

5. Daftar kontak

Pada daftar kontak WhatsApp Anda akan muncul tulisan yang memberi tahu bahwa Anda telah memblokir kontak tersebut. Untuk berkirim pesan Anda harus membuka blokir tersebut.

Itulah efek blokir WhatsApp yang perlu diketahui. Pastikan Anda sudah mengetahui efek dan konsekuensinya sebelum menggunakan fitur ini.

(avd/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK