Honda Setop Produksi Clarity hingga Odyssey

CNN Indonesia | Kamis, 17/06/2021 04:00 WIB
Honda menghentikan produksi Clarity, Legend dan Odyssey yang merupakan strategi efisiensi untuk mengembangkan model yang lebih populer. Honda Odyssey yang dijual di Indonesia. (Foto: CNN Indonesia/Kustin Ayuwuragil)
Jakarta, CNN Indonesia --

Honda Motor Co dilaporkan menghentikan produksi mobil berbahan bakar hidrogen Clarity. Kebijakan itu keluar karena penjualan mobil tersebut tidak berjalan sesuai dengan target perusahaan.

Clarity adalah model FCEV (fuel cell electric vehicle) pertama Honda. Mobil itu telah diluncurkan sejak enam tahun lalu dan menyasar pasar otomotif besar seperti Amerika Serikat.

Mengutip Autocar, Honda sekarang akan fokus pada model listrik dan konvensional, namun tetap akan mengembangkan teknologi hidrogen untuk kebutuhan di masa depan.


Ada sejumlah faktor Clarity tidak diminati konsumen. Misalnya, infrastruktur pengisian bahan bakar hidrogen yang buruk dan harganya yang mahal mencapai 50.500 pound sterling atau sekitar Rp1 miliar (kurs Rp20.102).

Clarity diketahui tidak pernah secara resmi dijual di Inggris, meskipun enam kendaraan sempat dikirim ke Eropa untuk meningkatkan kesadaran dan menunjukkan kemampuan kendaraan bahan bakar sel.

Hanya dua mobil FCEV yang dijual di Inggris, yakni Toyota Mirai dan Hyundai Nexo.

Melansir Corinspired, Honda juga berencana menghentikan MPV Legend dan Odyssey.

Legend pertama kali muncul pada tahun 1985. Tahun 2020, mobil itu hanya terjual 216 unit, sangat jauh jika dibandingkan tahun 1991 yang mencapai 20 ribu unit.

Awal tahun ini, perusahaan merilis Legendary Hybrid EX, mobil produksi massal pertama di dunia yang lulus sertifikasi autopilot Level 3. Jumlah mobil yang diproduksi hanya 100 unit dan hanya dapat diperoleh melalui leasing.

Adapun Odyssey, diluncurkan sebagai minivan Jepang pada tahun 1994. Fakta membuktikan bahwa MPV sangat populer di kalangan keluarga. Pada tahun 1995, mobil itu terjual 126 ribu unit. Namun, beberapa tahun terakhir menurun karena bersaing dengan Toyota Alphard dan model dengan harga serupa.

Clarity, Legend, dan Odyssey semuanya dirakit di pabrik Sayama, di dekat Tokyo. Pabrik itu dijadwalkan tutup pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2022. Setelah pabrik ditutup, Honda memutuskan untuk tidak memindahkan produksi ke lokasi lain, yang menyebabkan mereka menghentikan produksi.

(jps/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK