6 Fitur Baru Android yang Dirilis Google

CNN Indonesia | Kamis, 17/06/2021 08:30 WIB
Google baru saja mengumumkan enam fitur baru yang akan meluncur ke seluruh pengguna sebelum Android 12 datang akhir tahun ini. Ilustrasi. Google baru saja mengumumkan enam fitur baru yang akan meluncur ke seluruh pengguna sebelum Android 12 datang akhir tahun ini. (CNN Indonesia/Rebeca Joy Limardjo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Google mengumumkan akan ada enam fitur baru di sistem operasi Android 11 yang bisa dinikmati pengguna mulai pertengahan tahun ini.

Pembaruan fitur ini dilakukan sebelum perusahaan itu meluncurkan Android 12 yang rencananya akan dilakukan pada paruh ketiga tahun 2021 nanti.

Berikut enam fitur baru Android yang diumumkan Google kemarin (16/6).


1. Sistem peringatan gempa bumi

Google akan memberikan sistem peringatan gempa bumi, Android Earthquake Alert System, untuk perangkat Android, terutama di negara yang berisiko tinggi mengalami bencana alam tersebut.

Sistem peringatan tersebut untuk saat ini tersedia di Yunani, Selandia Baru, Turki, Filipina, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan. Beberapa negara berikutnya akan segera menyusul tahun depan, seperti dikutip GSM Arena

2. Fitur bintang di Message

Android memberikan fitur bintang di aplikasi Message agar pengguna bisa menandai pesan yang penting. Caranya, cukup dengan menekan lama pada sebuah pesan dan pilih tanda bintang.

3. Emoji Kitchen baru

Dengan pembaruan ini keyboard milik Google, Gboard, bisa memberikan saran emoji yang sesuai dengan pesan yang dituliskan pengguna.

Saran emoji akan langsung muncul di Emoji Kitchen Gboard, begitu pengguna selesai mengetik pesan dan mengetuk ikon emoji, seperti dilaporkan Gizmodo

Saran Emoji Kitchen tersedia di keyboard Gboard versi beta untuk bahasa Inggris, Spanyol dan Portugis di Android 6.0 ke atas.

4. Perintah suara

Android memperbarui asisten suara Google Assistant agar bisa digunakan untuk langsung menyalakan fitur tertentu di sebuah aplikasi.

5. Voice Access

Fitur ini dirancang untuk pengguna yang memiliki kesulitan motorik, berupa perintah suara untuk menggunakan ponsel.

Google juga menambah kemampuan untuk memasukkan kata sandi untuk fitur ini ketika mendeteksi kolom untuk login.Android memberikan kemampuan "gaze detection", deteksi tatapan, agar Voice Access hanya berfungsi ketika pengguna sedang melihat ke layar.

6. Android Auto

Pengguna akan mendapatkan lebih banyak pilihan fitur untuk Android Auto, yaitu fitur Android ketika perangkat sedang terhubung dengan mobil pintar yang kompatibel dengan Android. Fitur ini tersedia untuk Android 6 ke atas.

Lewat pembaruan ini, pengguna bisa mengakses aplikasi navigasi, melihat lokasi parkir, dimana bisa mengisi daya mobol listrik hingga melihat pesan masuk di laman depan.

(jps/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK