TIPS TEKNOLOGI

Kegunaan Fitur Transfer Chat WhatsApp antar Platform

tim, CNN Indonesia | Senin, 21/06/2021 06:30 WIB
WhatsApp saat ini sedang mengembangkan fitur transfer chat WhatsApp antar platform. Berikut kegunaan fitur transfer chat WhatsApp. WhatsApp saat ini sedang mengembangkan fitur transfer chat WhatsApp antar platform. Berikut kegunaan fitur transfer chat WhatsApp. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi pesan instan WhatsApp saat ini sedang mengembangkan fitur transfer chat WhatsApp antar platform. Fitur ini dapat digunakan untuk memindahkan riwayat obrolan, log, dan transkrip dari platform yang berbeda.

Fitur transfer chat WhatsApp ini akan memudahkan pengguna untuk memindai riwayat chat dari Android ke iOS, begitupun sebaliknya.

Tidak hanya memindahkan riwayat pesan ke perangkat baru, fitur transfer chat WhatsApp ini juga bisa digunakan saat Anda mengganti nomor telepon baru.


Misalnya, ketika Anda mengubah nomor telepon bersamaan dengan mengganti ponsel dari Android ke iPhone, Anda bisa mentransfer riwayat obrolan WhatsApp sebelumnya ke perangkat baru.

Dikutip dari WA Beta Info, transfer chat WhatsApp ini dapat dilakukan selama kedua ponsel memiliki aplikasi WhatsApp dengan versi yang sudah diperbarui. Migrasi ini hanya dapat dilakukan ketika pengguna sudah menghubungkan perangkat baru ke aplikasi WhatsApp miliknya.

Langkah-langkah untuk menggunakan fitur transfer chat WhatsApp dari iOS ke Android atau sebaliknya masih belum diberitahu.

Fitur Transfer Chat WhatsAppKegunaan fitur transfer chat WhatsApp adalah memungkinkan pengguna memindahkan riwayat obrolan, log, dan transkrip dari platform yang berbeda. (Foto: Tangkapan layar twitter @WABetaInfo)

Selain fitur transfer chat WhatsApp, Anda juga bisa menggunakan fitur mencadangkan pesan baik di iOS maupun Android.

Di iOS, WhatsApp menggunakan iCloud untuk mencadangkan data pengguna, sehingga hanya dapat ditransfer ke sesama iPhone untuk memulihkan riwayat pesan WhatsApp.Setiap pengguna WhatsApp dapat membuat cadangan chat secara manual kapan saja.

Berikut cara mencadangkan chat di iOS:

Penjualan perdana iPhone X di Indonesia yang berpusat di iBox Central Park Mall, Jakarta, Jumat (22/12).Selain fitur transfer chat WhatsApp, pengguna juga bisa menggunakan fitur mencadangkan pesan di iOS dan Android. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
  1. Buka Pengaturan WhatsApp.
  2. Pilih Chat.
  3. Cadangan Chat.
  4. Cadangkan Sekarang.

Sedangkan di Android, WhatsApp menggunakan Google Drive untuk mencadangkan dan memulihkan dengan sistem yang terhubung ke alamat email pengguna. Pemilik akun WhatsApp bisa mencadangkan chat secara manual ke Google Drive kapan saja.

Berikut cara mencadangkan chat di Android:

  1. Buka WhatsApp
  2. Ketuk Opsi Lainnya
  3. Setelan
  4. Chat
  5. Cadangan chat
  6. Cadangkan

Kedua sistem cadangan tersebut hanya dapat dipulihkan dari Android ke Android dan iOS ke iOS. Proses transfer ini juga hanya bisa dilakukan dari nomor telepon yang sama dan platform serupa.

Itulah informasi mengenai fitur transfer chat WhatsApp dan cara mencadangkan chat WhatsApp.

(avd/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK