Diskon PPnBM Diperpanjang, Jualan Mobil Bisa Tembus 800 Ribu

fea, CNN Indonesia | Kamis, 17/06/2021 22:00 WIB
Daihatsu Indonesia memprediksi penjualan mobil baru bisa berkisar 800-850 ribu unit pada tahun ini usai PPnBM 100 persen diperpanjang. Petugas berjalan di antara mobil-mobil yang akan diekspor di dermaga IPC Car Terminal, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (4/8/2020). (ANTARA/INDRIANTO EKO SUWARSO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jaringan dealer Daihatsu Sales Operation memperkirakan penjualan mobil baru pada tahun ini bisa melebihi 850 ribu unit jika PPnBM 100 persen untuk mobil maksimal 1.500 cc resmi diperpanjang hingga Agustus.

Perkiraan itu lebih tinggi dibanding prediksi penjualan mobil baru pada tahun ini dari asosiasi perusahaan industri otomotif, Gaikindo, yakni sebesar 750 ribu unit.

"750 ribu kan waktu itu belum ada wacana [relaksasi] PPnBM, begitu ada relaksasi PPnBM, bahkan 100 persen diperpanjang sampai Agustus, kami membuat prediksi lagi," kata Marketing & Customer Relation Division Head Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, Kamis (17/6).


"Awalnya Gaikindo 750 ribu, Daihatsu memperkirakan antara 800 - 850 ribu unit mungkin akan terjadi, karena relaksasi PPnBM ini rasanya sangat signifikan sekali," katanya lagi.

PPnBM 100 persen yang membuat mobil baru maksimal 1.500 cc bisa dibeli konsumen tanpa beban PPnBM sepenuhnya sudah berlaku mulai Maret hingga Mei.

Berdasarkan aturan yang sudah ditetapkan relaksasi ini berlanjut ke tahap kedua yakni pengenaan PPnBM 50 persen untuk periode Juni-Agustus.  Namun pada 13 Juni, Kementerian Perindustrian mengumumkan PPnBM 100 persen akan diperpanjang hingga Agustus, sedangkan September - Desember berlaku PPnBM 50 persen.

Para Agen Pemegang Merek menyambut baik perpanjangan itu, namun saat ini masih menunggu aturan resminya agar revisi harga bisa dilakukan.

"Tentunya ini meningkatkan minat beli karena momentumnya bagus sekali," ucap Hendrayadi.

Relaksasi PPnBM telah signifikan mengerek naik penjualan mobil baru. Rata-rata penjualan pada Maret-Mei sebesar 74 ribu unit per bulan, naik 46 persen sebelum berlaku yakni pada Januari-Februari 51 ribu unit per bulan.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan retail mobil baru dari Januari sampai Mei mencapai 322.670 unit, ini naik 23,8 persen dibanding periode sama tahun lalu. Jika dirata-rata keseluruhan, penjualan mobil baru di Indonesia sejauh ini sekitar 64 ribu unit per bulan.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK