KONSULTASI OTOMOTIF

Penyebab Mesin Mobil Tak Bisa Menyala

CNN Indonesia | Minggu, 20/06/2021 10:09 WIB
Mesin mobil bisa menyala atau tidak, tidak hanya tergantung dari baterai, bahan bakar dan pengapian. Mesin mobil sulit menyala disebabkan beberapa faktor. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Kenapa mesin mobil tidak bisa menyala padahal baterai atau aki dalam kondisi baik, suplai bahan bakar dan pengapian juga oke?

Penanya: @hbbrmndha

Jawaban: Mesin mobil bisa menyala atau tidak, tidak hanya tergantung dari baterai, bahan bakar dan pengapian.


Semua unsur yang dibutuhkan haruslah sinkron, misalnya pasokan bahan bakar ada namun kurang tekanannya, bisa juga karena kompresi mesin kurang atau api tidak sinkron karena pemasangan timing belt yang kurang pas.

Selain itu, air radiator sebaiknya diganti berkala misalnya setiap 6 bulan dan menggunakan radiator coolant, cek radiator dengan menggunakan lampu senter apakah ada kebocoran.

Cek juga kadar oli. Pelumas mesin ini dibuat untuk bisa kompatibel satu sama lain. Jangan sampai pelumas berkurang banyak baru mengganti pelumas baru. Untuk diketahui bahwa pada saat mengganti oli pasti ada oli lama yang tertinggal dan akan tercampur dengan oli baru.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.com.

(mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK