UJI PRODUK

Review Realme 8, HP Gaming Rp3 Jutaan

CNN Indonesia | Sabtu, 19/06/2021 15:34 WIB
Realme mengeluarkan varian Realme 8 yang dibanderol dengan chipset Mediatek Helio G95 yang ditujukan untuk hp gaming. Foto: (dok. Eka Santhika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Realme meluncurkan varian seri Realme 8 yang terdiri dari Realme 8, 8 Pro, dan teranyar Realme 8 5G.

Versi Realme 8 dan 8 Pro terpaut harga Rp1 juta. Realme 8 dibanderol Rp3,6 juta sementara versi Pro dibanderol Rp4,5 juta.

Dengan perbedaan harga ini, versi Pro lebih unggul pada chipset yang menggunakan Snapdragon 720 dan susunan kamera utama yang menggunakan lensa resolusi 108 MP.


Baterai yang disematkan pun lebih kecil hanya 4.500 mAh, namun dengan charger 50W, kecepatan pengisian daya ponsel ini bakal lebih gegas ketimbang Realme 8.

Di sisi lain Realme 8 menggunakan chipset Helio G95 dengan konfigurasi kamera utama 64MP, ultrawide 8MP, makro 2MP, dan kamera monokrom (black/white) 2MP.

Untuk baterai lebih besar dari seri pro, 5.000 mAh yang dilengkapi charger pengisian daya cepat 30W.

Dengan rentang harga Rp3,6 juta, Realme 8 bersaing dengan beberapa tipe ponsel lain seperti Oppo A74 yang dilego Rp3,5 juta, Galaxy A32 yang dilego mulai Rp3,2 juta, Vivo Y51A Rp3,4 juta, Poco X3 Pro (mulai Rp3,5 juta), dan Redmi 10 Pro Rp3,5 juta.

Berikut ulasan Realme 8.

Tampilan

Bodi

Dari segi tampilan, ponsel ini terbilang cukup menarik dengan bodi tipis dan ringan. Saat digenggam, ponsel ini pun terasa solid, tak terasa ringkih. Hanya saja bagian belakang ponsel terlihat cukup mentereng dengan tulisan "Dare to Leap" yang cukup besar di sebagian sisi kanan ponsel.

Namun, bodi plastik dari ponsel seberat 177gram ini mudah kotor dengan jejak jari. Jejak sidik jari di bagian layar pun agak sulit dibersihkan, sehingga akan mengganggu mereka yang senang memiliki layar bersih. Namun, jejak jari di bagian belakang bisa diatasi dengan menyematkan sampul (casing) plastik yang disetakan dalam kemasan penjualan.

Plastik pelindung ini lumayan melindungi bodi ponsel dari benturan dan jejak jemari. Ketika dipasangkan ke ponsel pun tidak terlalu banyak menambah ketebalan bodi ponsel yang sudah ramping ini. Sebab, beberapa casing malah mendistorsi kelangsingan bodi ponsel sebenarnya sehingga jadi lebih tebal (bulky).

Audio

Untuk audio, ponsel ini hanya menyertakan satu speaker di bagian bawah ponsel. Sehingga ponsel ini tak bisa memberikan performa suara stereo bagi pengguna.

Realme 8Foto: (dok. Eka Santhika)
Speaker mono di Realme 8

Review Realme 8: Performa

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK