Tren Ponsel dengan Kamera di Bawah Layar

CNN Indonesia | Selasa, 22/06/2021 13:30 WIB
Setelah kamera poni, pop-up, dan punch hole, kini ada pendatang baru yaitu smartphone dengan kamera di bawah layar atau underscreen. Ilustrasi smartphone dengan kamera di bawah layar. (Foto: (dok. Samsung))
Jakarta, CNN Indonesia --

Tren kamera smartphone terus berkembang. Setelah kamera poni, pop-up, dan punch hole, kini ada pendatang baru yaitu model kamera di bawah layar atau underscreen.

Cukup banyak pabrikan ponsel yang menyiapkan produknya dengan kamera di bawah layar, mulai dari Samsung, Oppo, Vivo, ZTE yang siap memamerkan ponselnya tahun ini. Selain itu ada Xiaomi yang siap menelurkan smartphone berkamera di bawah layar.

Berdasarkan laporan dari @DCS yang dikumpulkan oleh ITHome menunjukkan bahwa akan ada tiga smartphone Xiaomi dengan kamera di bawah layar. Smartphone itu antara lain pada Xiaomi CC 11, MIX 4, dan MIX Fold 2.


ITHome berspekulasi ketiga smartphone tersebut bisa jadi adalah Xiaomi Mi MIX 4, Xiaomi MI MIX Fold 2, dan smartphone lainnya.

Manajer produk dan juru bicara Xiaomi, Wei Siqi menyatakan model seri CC generasi baru Xiaomi akan dirilis pada kuartal ketiga tahun ini.

Hal itu menegaskan bahwa perusahaan tidak akan menghentikan seri tersebut, karena seri Xiaomi CC merupakan ponsel yang pertama menggunakan kamera 108MP. Maka tak heran jika Xiaomi CC 11 juga meluncurkan teknologi kamera bawah layar.

Detail dari ponsel itu masih sumir saat ini. Meski begitu, perangkat ini pasti akan hadir dengan beberapa fitur unggulan.

Melansir Giz China, ponsel itu diharapkan memiliki kecepatan refresh 90/120Hz untuk layar internal dan eksternal smartphone, yang dapat dilipat dan model layar langsung dengan kecepatan refresh 1080p + 90Hz.

Sedangkan untuk versi kamera underdisplay Xiaomi Mi MIX Fold 2 atau MIX Fold, akan datang dengan chip Qualcomm Snapdragon 888.

Smartphone itu akan menggunakan baterai 5000 mah, dan kamera belakang utama 108MP. Namun, Xiaomi Mi MIX4 akan menggunakan versi teratas dari layar Huaxing Optoelectronics yang diluncurkan tahun lalu.

Pada layar terdapat AMOLED hiperboloid, yang sekitar 6,67 inci, dan akan mendukung kecepatan refresh yang tinggi.

Dikutip India Today, Xiaomi diharapkan untuk mengemas prosesor unggulan Qualcomm Snapdragon 888 di dalam MI MIX 4, dan kemungkinan akan menggunakan baterai 4.500mAh dan pengisian cepat 120W.

Sebelumnya, Xiaomi juga diprediksi akan menggunakan pengisian cepat 200W pada salah satu ponselnya, tetapi rencana itu tidak diketahui akan disemat pada model mana.

Masing-masing pabrikan akan bertanding di panggung yang sama. Namun, ada laporan bahwa teknologi kamera di bawah layar ini belum cukup siap untuk produksi massal karena banyak kendala dan belum diketahui seberapa baik kinerja kamera tersebut.

(can/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK