VIDEO: Melihat Persiapan Richard Branson Menuju Luar Angkasa

AFP, CNN Indonesia | Minggu, 11/07/2021 12:06 WIB
Jakarta, CNN Indonesia --

Pendiri Virgin Galactic Richard Branson dan lima krunya tengah bersiap meluncur ke luar angkasa. Jika cuaca dan pemeriksaan teknis memungkinkan, perjalanan bakal dilakukan hari ini.

Badan Penerbangan Amerika Serikat telah mengeluarkan izin resmi Virgin Galactic untuk membawa penumpang komersial ke ruang angkasa, pada Jumat (25/6) lalu. Jika peluncuran hari ini berhasil, Richard Branson pun berhasil menyalip rivalnya, Jeff Bezos.

Richard Branson dan Jeff Bezos meluncurkan Virgin Galactic dan Blue Origin pada awal 2000-an, dan sekarang keduanya siap meluncur ke luar angkasa, hanya berselang beberapa hari. Bezos berencana meluncur ke luar angkasa pada 20 Juli. Persaingan sengit keduanya menandai tonggak sejarah lahirnya industri pariwisata luar angkasa.

Branson lepas landas dijadwalkan lepas landas hari ini, Minggu (11/7) dri SpacePort America di New Mexico. Waktunya belum diumumkan, tetapi perusahaan mengatakan streaming langsung akan dimulai pada pukul 7.00 pagi waktu setempat

Branson bakal mengevaluasi langsung pengalaman ke luar angkasa bersama Virgin Galactic untuk kliennya di masa depan. Bisnis wisata luar angkasanya diharapkan mulai pada 2022. Sampai saat ini 600 orang dari berbagai negara sudah memesan tiket Virgin Atlantic yang dibanderol sekitar Rp3,5 miliar.