TIPS TEKNOLOGI

Cara Download Video di Twitter Tanpa Aplikasi Tambahan

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/07/2021 06:24 WIB
Cara download video di Twitter bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi, melainkan melalui situs pengunduh gratis berikut ini. Cara download video di Twitter bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi, melainkan melalui situs pengunduh gratis berikut ini. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Media sosial Twitter juga masih digemari masyarakat, selain Facebook dan Instagram. Media sosial buatan Jack Dorsey ini layaknya microblog yang memungkinkan pengguna mengirim pesan berbasis teks atau cuitan pesan.

Pada awalnya Twitter hanya dapat mengirim pesan teks dengan karakter huruf yang dibatasi. Namun seiring berkembangnya Twitter, kini pengguna dapat mengirim foto, video, dan tautan selain teks. Jumlah karakter huruf pun bertambah.

Tidak jarang informasi penting berupa video lebih dulu muncul di Twitter. Namun secara default, Twitter tidak menyediakan fitur unduh video.


Untuk dapat mengunduh video Anda harus menyalin link tautan video tersebut. Pengunduhan video di Twitter bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi.

Cara Download Video di Twitter Tanpa Aplikasi

Ilustrasi Twitter.Cara download video di Twitter tanpa aplikasi tambahan, melainkan melalui situs pengunduh gratis (Ilustrasi. Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Cara praktis mengunduh video dari Twitter memang menggunakan aplikasi namun berisiko terhadap data dan informasi pribadi pemilik ponsel. Karenanya mengunduh video dari Twitter menggunakan browser bisa jadi alternatif yang lebih aman.

SaveTweetVid

Website SaveTweetVid merupakan situs pengunduh video gratis yang juga bisa mengunduh GIF dan file audio yang berada di Twitter, merujuk MySmartPrice.

Cara mengunduh video cukup mudah, hanya perlu menyalin tautan URL video di Twitter terlebih dahulu.

  • Buka Twitter
  • Pilih video yang ingin diunduh
  • Klik kanan pada video lalu pilih opsi "Salin Alamat Video"
  • Buka browser
  • Ketuk SaveTweetVid atau klik tautan berikut https://www.savetweetvid.com/
  • Tempel URL tersebut dan klik "Unduh video"
  • Pilih kualitas video lalu klik kembali "Download"

Jika Anda membuka Twitter dari aplikasi ponsel, ketuk ikon "Share" lalu pilih opsi "Salin Alamat Video". Lalu lakukan langkah buka browser ke bawah.

Website lain yang dapat Anda coba atau banyak digunakan pengguna Twitter untuk mengunduh video yaitu:

  1. Savefrom.net
  2. Twittervideodownloader.com
  3. Downloadtwittervideo.com

Cara mengunduhnya pun sama, Anda cukup mengikuti langkah-langkah di atas untuk mengunduh video dari Twitter berserta kualitas video yang diinginkan.

Extension Google

Cara download video di Twitter tanpa aplikasi lainnya adalah menggunakan extension dari google. Cara mengunduh video dari Twitter ini hanya bisa dilakukan saat Anda membuka Twitter dari browser.

Pasalnya cara ini membutuhkan extension Google Chrome. Setelah memasang extension ini, mengunduh video dari Twitter akan dilakukan secara otomatis.

Extension yang banyak digunakan oleh warga internet adalah Video Downloader Professional.

Extension yang dikembangkan oleh startpage24.com Extension Video Downloader Professional ini telah diunduh sebanyak 2 juta pengguna dengan rating 4,5 bintang dan 206 ribu ulasan.

Setelah memasang extension, buka Twitter di browser dan cari video yang ingin diunduh. Pada video yang ingin diunduh akan terdapat notifikasi Extension untuk opsi mengunduh video dalam berbagai ukuran dan kualitas.

(imb/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK