Polisi Buka Pembuatan SIM CI Motor 250-500 Cc Mulai Agustus

fea | CNN Indonesia
Senin, 12 Jul 2021 15:22 WIB
SIM C kini dibagi menjadi tiga, yakni C untuk motor maksimal 250 cc, CI (250 - 500 cc), dan CII (di atas 500 cc). Ilustrasi SIM C. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korlantas Polri menyatakan pembuatan SIM baru CI untuk pengendara sepeda motor 250-500 cc ditargetkan bisa dilakukan masyarakat mulai Agustus. Ini adalah bagian dari penerapan aturan baru tentang penggolongan SIM C di Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021.

Dalam peraturan itu ditetapkan SIM C dibagi menjadi tiga golongan, yaitu C untuk pengendara motor maksimal 250 cc, CI (250 - 500 cc), dan CII (di atas 500 cc). Aturan ini sudah berlaku sejak 19 Februari, namun sejauh ini belum diterapkan.

Arief Budiman, Kasi Standar Pengemudi Subdit SIM Ditregident Korlantas Polri, menjelaskan, penerapan penggolongan SIM C, sama seperti produk perundang-undangan lainnya, butuh masa sosialisasi selama minimal enam bulan sejak penerbitan aturan.

"Selain kita menyosialisasikan kepada masyarakat, kita juga mempersiapkan sarana prasarana bagi petugas yang ada di Satpas. Sehingga memang target kita bulan Agustus aturan ini sudah bisa diimplementasikan," jelas Arief dalam tayangan video di akun Youtube NTMC CHannel, Minggu (11/7).

Penggolongan SIM C berlaku secara bertahap, artinya untuk mendapatkan golongan lebih tinggi maka harus lebih dulu punya golongan yang lebih rendah. Jika sudah memiliki golongan tertinggi, maka hanya perlu memegang satu kartu SIM CII sebab dianggap sudah menguasai kompetensi golongan lain di bawahnya seperti BI.

Syarat buat memiliki SIM CI yakni berusia minimal 18 tahun dan sudah memiliki SIM C selama satu tahun. Sedangkan untuk membuat SIM CII wajib memiliki SIM CI setidaknya selama satu tahun.

Arief mengajak masyarakat yang ingin meningkatkan golongan SIM C menjadi CII bisa melakukannya pada Agustus.

"Artinya bagi para teman-teman pengendara motor di atas 250 cc, kita berharap sudah bisa meningkatkan golongannya dari C menjadi CI," katanya.

[Gambas:Youtube]

(fea/fea)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER