Cara Pakai WhatsApp di 4 Perangkat, HP Tak Perlu Online

CNN Indonesia | Kamis, 15/07/2021 15:02 WIB
WhatsApp merilis versi beta untuk fitur terbarunya, multi-device yang memungkinkan penggunanya log in di empat perangkat. Ilustrasi WhatsApp. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi pesan instan milik Facebook, WhatsApp dilaporkan tengah menggulirkan uji versi beta untuk fitur terbarunya, multi-device yang memungkinkan penggunanya log in di empat perangkat.

Saat ini akun WhatsApp bisa digunakan secara bersamaan, namun hanya pada satu smartphone dan satu desktop, asalkan desktop tetap terhubung dengan WhatsApp di smartphone.

WhatsApp mengatakan uji coba beta itu saat ini diberikan terbatas, untuk merasakan fungsionalitas dari fitur multi-device. WhatsApp akan melakukan sosialisasi fitur multi device pada sekelompok kecil pengguna saja. Dengan begitu pihaknya dapat mengoptimalkan pengalaman fitur multi perangkat sebelum meluncurkannya secara global.


Meskipun banyak pengguna meminta dukungan multi-perangkat, WhatsApp membutuhkan waktu untuk mewujudkannya. Hal itu dilakukan untuk membangun sistem yang tetap mempertahankan enkripsi end-to-end.

Fitur lain seperti aplikasi web dan desktop akan tetap dipertahankan penggunaannya. Tetapi jika baterai ponsel Anda habis, fitur itu tidak dapat digunakan.

Melalui beta multi-perangkat, setiap perangkat akan memiliki kunci identitasnya sendiri. Saat ini, pengguna memiliki satu kunci identitas yaitu ponsel yang disematkan aplikasi WhatsApp.

Mengutip Endgadget, pada fitur multi device, pengguna juga akan memiliki kontrol atas perangkat yang terhubung. Pengguna juga dapat mengetahui di perangkat mana akun WhatsApp telah log in.

Cara kerja fitur WhatsApp multi-device

Fitur multi device memungkinkan Anda untuk dapat log-in di empat perangkat non ponsel secara bersamaan, tanpa harus menjaga ponsel tetap menyala atau online.

Dikutip WA Beta Info, jika Anda menggunakan fitur multi device maka hanya lewat satu perangkat saja untuk mengirimkan pesan kepada kontak yang dituju.

Jika ada pesan masuk ke akun WhatsApp Anda, maka akan ada notifikasi di setiap perangkat yang Anda sematkan akun WhatsApp. Begitu pula riwayat pesan. Secara otomatis riwayat yang ada di ponsel akan bisa terbuka juga di perangkat yang ditautkan akun WhatsApp.

Pihaknya mengklaim bahwa informasi seperti pesan, panggilan dan update status masih tetap terenkripsi end-to-end, meski Anda menggunakan fitur multi device.

WhatsApp juga telah menerapkan fitur baru untuk menyinkronkan berbagai tindakan yang Anda lakukan di aplikasi. Misalnya saat Anda membintangi pesan dari perangkat, maka pesan berbintang itu juga akan muncul di perangkat lain yang sudah log in akun WhatsApp.

Namun ada pengecualian, saat Anda menghapus obrolan dari perangkat maka tidak semua pesan akan terhapus di seluruh perangkat yang tertaut akun Anda.

Beberapa fitur juga masih belum didukung sepenuhnya, seperti melihat dan membagikan lokasi di perangkat yang ditautkan, ruang obrolan yang ditandai tidak langsung muncul di jajaran atas, dan pada pengguna WhatsApp Business nama dan label bisnis tidak dapat diubah menggunakan perangkat non ponsel.

(can/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK