Daftar Mobil Hybrid Buatan RI Mulai 2022, Ada Innova-Xpander

CNN Indonesia | Jumat, 16/07/2021 14:23 WIB
Setidaknya ada 14 mobil hybrid dan satu mobil listrik yang akan diproduksi di Indonesia mulai tahun depan. Toyota Kijang Innova versi hybrid akan diproduksi di Indonesia mulai 2022. (Toyota Astra Motor)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan sejumlah pabrikan Jepang telah berkomitmen investasi dan memproduksi mobil elektrifikasi di Indonesia. Setidaknya ada lima mobil elektrifikasi yang diketahui, mulai dari hybrid ringan sampai murni listrik.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam presentasi di seminar online Investor Daily Summit 2021, Rabu (14/7), menyatakan ada empat produsen otomotif Jepang yang sudah menyatakan investasi, yakni Toyota, Suzuki, Honda, serta Mitsubishi.

Selain itu Agus juga menerangkan masing-masing produsen akan memproduksi setidaknya satu model elektrifikasi di dalam negeri.


Toyota

Toyota dengan investasi Rp28,3 triliun menjanjikan memproduksi 10 model hybrid hingga 2024. Kemenperin mengungkap lima di antaranya adalah model Plug In Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Salah satu model yang diungkap adalah Kijang Innova Hybrid yang diproduksi mulai 2022. Selain itu, secara mengejutkan Kemenperin menjelaskan Battery Electric Vehicle (BEV) Lexus UX300e juga akan diproduksi lokal pada tahun yang sama.

Honda

Dalam persentasi Agus juga terlihat Honda akan menggunakan investasi baru Rp5,2 triliun untuk memproduksi model baru Brio, Mobilio, BR-V, dan satu model baru dalam bentuk hybrid. Meski demikian tak disebutkan tahun realisasi produksi model baru hybrid tersebut.

Suzuki

Suzuki dengan investasi Rp1,2 triliun juga memiliki niat memproduksi mobil ramah lingkungan yaitu Ertiga Mild Hybrid pada 2022 dan XL7 Mild Hybrid pada 2023.

Mitsubishi

Sementara itu Mitsubishi bersama investasi Rp11,2 triliun disebut akan memproduksi Xpander Hybrid dan dua model baru. 'Model A' yang diduga kuat menandai Xpander Hybrid akan diproduksi 2023.

Hyundai

Selain merek Jepang, Hyundai dari Korea Selatan juga sudah mengungkap bakal memproduksi mobil listrik di pabrik mereka di Bekasi, Jawa Barat, mulai Maret 2022. Meski begitu Hyundai Motors Indonesia belum mengungkap identitasnya.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK