Cara Melihat Kembali Log Panggilan WhatsApp yang Dihapus

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 27/07/2021 09:34 WIB
Pernahkah Anda tak sengaja menghapus riwayat panggilan WhatsApp? Tak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk melihat log panggilan WhatsApp yang dihapus. Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk melihat log panggilan WhatsApp yang dihapus. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pernahkah Anda tak sengaja menghapus riwayat panggilan WhatsApp? Tak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk melihat log panggilan WhatsApp yang dihapus.

WhatsApp Call pada dasarnya merupakan fitur yang membantu seseorang untuk melakukan panggilan tanpa harus menggunakan pulsa, melainkan cukup dengan koneksi internet.

Pada dasarnya, khususnya di iPhone, WhatsApp akan menyimpan sekitar 200 catatan riwayat panggilan. Saat jumlah panggilan melebihi batas, riwayat akan terhapus secara otomatis.


Selain itu, menghilangnya riwayat telepon di WhatsApp juga bisa terjadi karena ketidaksengajaan pengguna.

Pertanyaannya, apakah mungkin untuk mendapatkan kembali catatan riwayat panggilan WhatsApp yang telah hilang atau dihapus? Jawabannya adalah mungkin. Berikut beberapa caranya.

Cara Melihat Log Panggilan WhatsApp yang Dihapus di Android

Ilustrasi MeneleponIlustrasi. Penggunaan data backup menjadi salah satu cara untuk melihat log panggilan WhatsApp yang telah hilang atau dihapus. (Buechewurm_65/Pixabay)

Laman Recover Android Data menyarankan, pada dasarnya, menemukan data backup adalah langkah yang diperlukan untuk pertama kali.

Ketika Anda membuat akun WhatsApp, akan ada pilihan atau opsi backup. Jika fitur tersebut dinyalakan, maka Anda bisa melihat riwayat panggilan yang hilang melalui data backup tersebut.

Kendati demikian, cara ini memiliki beberapa celah. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan beberapa metode lain, seperti berikut.

1. Menggunakan data backup dari Google Drive

Anda bisa mendapatkan kembali riwayat panggilan WhatsApp yang telah hilang dengan menggunakan cloud backup dari Google Drive.

Berikut langkahnya:
- Uninstall dan install kembali WhatsApp.
- Buat dan atur akun WhatsApp Anda, gunakan nomor yang sama dengan sebelumnya.
- Saat proses verifikasi selesai, WhatsApp secara otomatis menemukan backup dari Google Drive.
- Ketuk ikon 'Restore' untuk mendapatkan kembali riwayat panggilan Anda.

2. Menggunakan data backup lokal

WhatsApp juga menyimpan data backup di memori internal ponsel. Anda bisa mendapatkan kembali riwayat telepon melalui data backup tersebut.

Berikut langkahnya:
- Buka 'File Manager' dan klik 'WhatsApp'
- Klik opsi 'Database'
- Di sini, Anda akan melihat data dengan nama 'msgstore-YYY-MM-DD.1.db.crypt12'. Pilih data yang tepat berdasarkan tanggal dan ubah namanya menjadi 'msgstore.db.crypt12'. Jika Anda memiliki data lain dengan nama yang sama, maka timpa data tersebut dengan data yang lebih baru.
- Uninstall dan install kembali WhatsApp.
- Buat akun WhatsApp dengan nomor yang sama dan kembali simpan data backup. WhatsApp akan secara otomatis menggunakan data backup yang namanya sudah Anda ubah sebelumnya, lalu Anda akan mendapatkan riwayat panggilan yang hilang.

Cara Melihat Log Panggilan WhatsApp yang Dihapus di iPhone

Ilustrasi Whatsapp. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaIlustrasi. Pemilik iPhone bisa mengikuti cara melihat log panggilan WhatsApp yang dihapus yang berbeda dengan Android. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Jika akun WhatsApp telah mengaktifkan pencadangan otomatis di iCloud, maka Anda dapat memulihkan riwayat panggilan dari iCloud. Atau, jika Anda menyimpan data backup di komputer dengan menggunakan iTunes, Anda juga bisa memulihkannya dari sini.

Fireebook merekomendasikan Anda untuk mengunduh WhatsApp Pocket di komputer atau mac. Secara otomatis, WhatsApp Pocket akan membaca data backup di iTunes dan iCloud.

Pilih 'iTunes Backups' atau 'iCloud Backups' di bilah sisi kiri WhatsApp Pocket. Lalu, klik 'WhatsApp Chat Messenger' untuk memindai.

Setelahnya, perluas pencarian data backup dengan klik tab 'WhatsApp Call' untuk melihat log panggilan WhatsApp yang telah dihapus.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK