TIPS OTOMOTIF

9 Langkah Belai Vespa di Rumah Jika PPKM Darurat Diperpanjang

CNN Indonesia | Senin, 19/07/2021 20:14 WIB
PPKM Darurat tak akan berlangsung selamanya, motor yang parkir lama di rumah mesti dirawat biar selalu siap digunakan. Skuter Vespa. (AFP/TIZIANA FABI)
Jakarta, CNN Indonesia --

PPKM Darurat yang awalnya dijadwalkan berlaku 3-20 Juli kemungkinan bakal diperpanjang, ini berarti sepeda motor yang menganggur di rumah kemungkinan bakal parkir lebih lama. Dalam kondisi ini perawatan motor, misalnya jenis skuter khas merek Vespa jangan sampai kendor.

Beda dibanding motor jenis lainnya, seperti bebek, sport, atau bahkan skutik Jepang, Vespa dirancang menggunakan sasis monokok yang artinya mengandalkan pelat besi sebagai bodi sekaligus bagian dari rangka.

Kepala Bengkel Scooter VIP Surabaya, Fatchur Rohman, memberikan sembilan tips buat para pemilik merawat skutik Vespa di rumah.


1. Bersihkan seluruh bodi skuter sebelum disimpan
2. Sarungkan skuter atau joknya untuk menghindari debu
3. Pastikan bahan bakar cukup guna memanaskan mesin
4. Gunakan standar tengah saat parkir dan dongkrak ban depan agar tak sentuh lantai
5. Nyalakan mesin skuter setiap hari antara 10-15 menit
6. Copot kabel positif pada terminal aki jika motor diparkir cukup lama, atau dapat dibiarkan saja jika punya charger portable otomatis
7. Kontrol tekanan angin kedua ban sesuai rekomendasi biar tetap bisa dikendarai untuk kebutuhan mendadak
8. Cek kondisi oli mesin atau oli garden melalui dipstick
9. Jika skuter vespa matic mempunyai radiator maka cek komponen ini apakah kondisi cairannya masih sesuai standar atau tidak

Perawatan penting pasalnya pengetatan aktivitas yang diterapkan pemerintah tak akan berlangsung selamanya. Motor perlu siap sedia jika saja kegiatan sehari-hari mulai bisa dilakukan.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK