KONSULTASI OTOMOTIF

Cek Sebelum Beli Mobil Bekas Bertransmisi Manual

CNN Indonesia | Minggu, 25/07/2021 13:44 WIB
Lakukan cara berikut sebelum kamu membeli mobil bekas yang bertransmisi manual. Ritual khusus sebelum membeli mobil transmisi manual. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Apa yang harus diperhatikan bila membeli mobil bekas transmisi manual?

Penanya: @dlanor124

Jawaban


Sebelum membeli mobil bekas, sebaiknya calon konsumen injak pedal koplingnya apakah terasa keras atau terlalu dalam atau terlalu tinggi. Hal ini bisa jadi pertanda bahwa kopling sudah mulai aus.

Lebih lanjut bisa dilakukan pindah-pindah gigi transmisi saat mobil masih di tempat, bila terasa sulit berarti kopling sudah tipis, untuk kasus-kasus tertentu bisa karena oli persneling sudah lama tidak diganti atau pemakaian oli dengan kekentalan yang salah.

Untuk memastikan apakah kopling sudah selip ada cara yang bisa dilakukan yaitu dengan teknik "heeling and toeing".

Kemudian coba diinjak pedal gas sedikit demi sedikit dan dirasakan apakah ada goncangan akibat mesin yang pincang.

Ada zat aditif oli mesin yang bisa mengurangi suara dari mesin yang sebetulnya sudah perlu overhoul, apabila merasa ragu-ragu dengan kondisi mesin yang ada, coba cek knalpot apakah basah dengan oli.

Lau coba diinjak pedal gas secara mendadak hingga kira-kira 3/4 batas RPM merah, apakah ada suara-suara kasar atau keras dari mesin.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.com.

(mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK