Bezos-Branson ke Antariksa, Ada Syarat Agar Disebut Astronaut

eks, CNN Indonesia | Minggu, 25/07/2021 09:09 WIB
Badan penerbangan AS memberikan sejumlah syarat penyebutan astronaut usai Bezos dan Branson pergi ke batas antariksa. Ilustrasi. Badan penerbangan AS memberikan sejumlah syarat penyebutan astronaut usai Bezos dan Branson pergi ke batas antariksa. (VYACHESLAV OSELEDKO / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Miliuner Jeff Bezos dan Richard Branson yang pergi ke tepian ruang angkasa menjadi bahan pertanyaan apakah mereka terhitung sebagai astronaut atau tidak.

Pertanyaan ini lantas dijawab oleh Badan Federasi Penerbangan (FAA) Amerika Serikat (AS) dengan mengeluarkan aturan yang menetapkan sebutan astronaut tak bisa digunakan oleh para turis antariksa.

Regulator itu baru saja mengetatkan aturan bahwa penyebutan astronaut hanya dipergunakan oleh orang tertentu. Sehingga, tidak semua orang yang pergi ke antariksa bisa disebut astronaut.


Syarat penyebutan astronaut

Badan yang berhak memberikan gelar astronaut di AS terbatas pada NASA, militer AS, dan FAA.

NASA dan militer AS memberi gelar astronaut pada karyawan mereka yang pergi ke luar angkasa. Sementara penerbang antariksa dari perusahaan swasta harus melalui persetujuan FAA.

Bagi penerbang swasta, untuk disebut sebagai astronaut mereka harus terbang di ketinggian lebih dari 80 kilometer, lulus sertifikasi FAA.

Selain itu, gelar astronaut ini diberikan kepada pegawai dari perusahaan yang menyediakan jasa penerbangan. Sehingga, turis yang membeli tiket untuk keluar angkasa tak masuk hitungan.

Selain itu, para astronaut ini harus "menunjukkan aktivitas yang penting untuk keselamatan publik, atau berkontribusi pada keselamatan penerbangan antariksa selama penerbangan," seperti tertulis dalam aturan baru tersebut.

Lebih lanjut, keterangan terkait "kontribusi untuk keselamatan penerbangan luar angkasa" tidak dijelaskan dengan pasti karena hal ini tergantung pada kebijaksanaan pejabat FAA.

Aturan baru ini muncul usai publik AS bertanya-tanya apakah perjalanan ke batas antariksa yang dilakukan oleh Jeff Bezos dan Richard Branson akan membuat mereka mendapat sebutan astronaut atau tidak.

Selama dekade terakhir, FAA hanya memberikan sebutan astronaut kepada pilot pesawat ruang angkasa. Namun, ada satu pengecualian kepada Beth Moses, seorang eksekutif Virgin Galactic. Ia sempat disebut sebagai astronaut yang terbang dengan pesawat SpaceShipTwo pada 2019.

Sehingga, saat ini FAA menekankan salah satu kriteria utama sebutan astronaut selain menjadi anggota kru penerbangan, mereka juga harus melakukan beberapa tugas saat penerbangan, bukan hanya penumpang.

Meski demikian, badan tersebut diizinkan untuk memberikan sayap kehormatan kepada "individu yang menunjukkan kontribusi luar biasa atau layanan bermanfaat bagi industri penerbangan ruang angkasa manusia komersial" tetapi yang tidak memenuhi persyaratan kelayakan lainnya, seperti dikutip New Scientist

Meski demikian badan itu tidak memberikan pernyataan secara langsung apakah Bezos dan Branson termasuk dalam kategori orang yang tak bisa mendapat gelar astronaut atau tidak. 

Branson memang disebut Virgin Galactic merupakan anggota kru yang ikut dalam misi pengetesan pesawat antariksa perusahaan itu. Namun, tidak jelas apakah ada kontribusi berarti terhadap keselamatan penumpang yang dilakukan miliarder ini atau hanya sebagai penumpang. 

Begitu juga dengan Bezos, ia dan tiga orang lain terbang ke luar angkasa dengan pesawat antariksa yang sepenuhnya dikendalikan dari Bumi. 

Syarat Ketat Rekrutmen Astronaut NASA

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK