Cara Cek Status Vaksinasi Covid-19 di Situs Jaki

CNN Indonesia | Senin, 26/07/2021 08:02 WIB
Situs Jakarta Terkini (Jaki) menawarkan informasi status vaksinasi Covid-19 sekaligus tersambung ke Peduli Lindungi untuk akses sertifikat vaksin. Tenaga kesehatan menyuntikan vaksin kepada warga di MTs As-Syafiiyah, Cilangkap, Jakarta, Kamis (3/6/2021). (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah melakukan vaksinasi Covid-19, masyarakat bisa melihat status vaksinasi dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan situs Jakarta Terkini (Jaki).

Di situs ini status vaksinasi warga dibagi menjadi tiga yang disimbolkan warna. Status merah berarti belum pernah menerima vaksinasi, status kuning artinya belum tuntas hingga dosis kedua, dan status hijau menandakan sudah menerima dua dosis.

Berikut cara melihat status vaksinasi Covid-19 menggunakan Jaki yang dapat diakses baik dari ponsel pintar maupun PC.


1. Kunjungi situs

Untuk mengecek status vaksinasi Covid-19, Anda dapat mengunjungi situs Jaki di https://vaksinasi-corona.jakarta.go.id atau download aplikasi Jaki di Play Store atau App Store. Sebelum membuka, siapkan data nomor induk kependudukan (NIK) yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

2. Masukkan identitas

Usai membuka situs atau download aplikasi Jaki, Anda diminta memasukkan NIK dan nama lengkap sesuai KTP di kolom yang sudah disediakan. Disarankan mengisi data dengan benar agar sistem dapat mendeteksi data Anda dengan baik.

3. Lihat status

Apabila kolom data sudah diisi dengan benar, maka gulirkan layar ke bawah. Disarankan klik centang yang bertuliskan 'ingat saya' untuk mempermudah mempercepat akses situs ini kembali pada kemudian hari.

Jika sudah klik kolom periksa, maka tampilan akan berubah sesuai status Anda saat ini.

Apabila Anda sudah melakukan vaksinasi, status yang ditampilkan pada halaman itu terdiri dari warna status, jenis vaksin yang diterima, nomor ponsel, dan lokasi vaksinasi ke-1 dan ke-2.

Selain mengetahui status vaksinasi, situs Jaki juga menghubungkan Anda dengan Pedulilindungi.id jika Anda mau mengakses sertifikat vaksin.

Pada halaman itu, Anda dapat klik kolom Lihat Sertifikat Vaksinasi. Situs akan terhubung otomatis dengan Pedulilindungi.id dan Anda dapat mengaksesnya dengan cara mengisi data kependudukan yang meliputi nama dan NIK.

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK