Bajaj Akan Punya Merek Motor Listrik Sendiri

CNN Indonesia | Senin, 26/07/2021 15:13 WIB
Freerider, merek motor listrik milik Bajaj akan diumumkan sebentar lagi. Ragam motor merek Bajaj Auto. (REUTERS/Rupak De Chowdhuri)
Jakarta, CNN Indonesia --

Produsen sepeda motor asal India, Bajaj Auto, bakal ikut ke era energi lebih bersih dengan mendirikan merek dagang baru untuk jualan motor listrik bernama Freerider.

Pembahasan soal hal ini dikatakan sudah dilakukan sejak Juni. Freerider telah memiliki produk motor listrik dengan kemampuan 11 hp serta dapat melaju sejauh 100 kilometer menggunakan satu baterai terisi penuh.

Freerider dikabarkan bakal dirilis tidak lama lagi dan kemungkinan tidak menjadi merek secara langsung dari Bajaj.


Selain menggarap roda dua, Bajaj juga akan membangun merek baru itu buat menghasilkan berbagai kendaraan beroda tiga yang bertenaga listrik.

Bajaj disebut telah memberi tahu BSE (Bursa Efek Bombay) bahwa dewan direksi perusahaan telah menyetujui hal tersebut pada sebuah pertemuan.

"Anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya akan memanfaatkan peluang pertumbuhan di ruang mobilitas yang berkembang dan akan membantu perusahaan menjelajah ke dalam pembuatan kendaraan listrik dan hibrida dalam kategori roda dua, tiga, dan empat," tulis Bajaj dalam keterangan resminya, disitat dari GaadiWaadi.

Dengan investasinya, TVS yang memiliki 500 hingga 600 insinyur itu akan mengerjakan konsep berbeda untuk kendaraan listrik roda dua dan tiga yang datang membawa baterai dalam kisaran 5-25 kW.

Sementara itu Autocar menyebutkan Bajaj telah menyetujui penggabungan anak perusahaan EV yang dimiliki sepenuhnya oleh perusahaan.

Saat ini, Bajaj telah menjual skuter Chetak, motor listrik pertama perusahaan, di pasar India, namun dalam jumlah pasar terbatas. Perusahaan berencana memperluas ke lebih banyak kota, salah satunya wilayah Nagpur di Maharashtra.

Selain membuat Chetak, Bajaj juga akan membuat kendaraan listrik untuk Husqvarna, bagian dari grup KTM AG. Skuter listrik Husqvarna Vektorr, yang berbasis Bajaj Chetak, akan diproduksi di pabrik Bajaj, sebagai bagian dari rencana Bajaj-Pierer Mobility.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK