Twitter Uji Coba Notifikasi Baru buat Akun kena Suspend

CNN Indonesia | Kamis, 29/07/2021 23:00 WIB
Notifikasi itu muncul dalam bentuk banner di atas feed, sebelumnya pemberitahuan soal suspend dikirim lewat email. Ilustrasi Twitter. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Twitter dilaporkan tengah menguji fitur notifikasi pada akun yang kena suspend atau dikunci karena telah melanggar kebijakan. Sebelumnya Twitter memberi tahu pengguna yang statusnya demikian menggunakan email.

The Verge menjelaskan notifikasi itu muncul sebagai banner (spanduk) yang akan muncul di atas feed. Harapannya status akun akan langsung diketahui pengguna dengan cara ini sebab pemberitahuan email terkadang terlewat dibaca.

Sumber dari Twitter menjelaskan pengujian ini dilakukan pada sebagian kecil pengguna di iOS, Android, dan web. Belum diketahui kapan fitur ini akan diberlakukan global.


Sumber juga mengatakan perusahaan pengujian fitur ini menanggapi respons pengguna yang menyadari akun mereka telah kena suspend atau dikunci setelah mencoba menulis cuitan atau mengikuti akun lain.

Banner yang muncul sebagai notifikasi akan menginformasikan status akun pengguna. Jika akun dibekukan permanen, pengguna bisa mengajukan komplain dan apabila telah dikunci sementara maka pengguna dapat mengaksesnya kembali sepekan kemudian.

Cnet menjelaskan cara lama pemberitahuan lewat email akan ditinggalkan perlahan. Sejauh ini belum diketahui notifikasi banner itu bisa dilihat siapa saja atau hanya terbatas pada pemilik akun.

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK