Penampakan Android Feature Phone di Nokia 400

CNN Indonesia | Kamis, 05/08/2021 01:01 WIB
Selama ini Android dikenal hanya beroperasi di smartphone. Namun kini sistem operasi itu juga bisa beroperasi di feature phone. Ilustrasi Android. CNN Indonesia/Agnes Savithri
Jakarta, CNN Indonesia --

Saat ini kebanyakan orang tau bahwa sistem operasi (OS) Android hanya tersedia pada ponsel pintar atau smartphone. Namun kini sistem itu ditemukan juga pada sebuah feature phone, Nokia 400.

Terdapat sebuah video yang menunjukkan bagaimana fitur tersebut bekerja pada ponsel yang bukan masuk kategori smartphone. Feature Phone sendiri dikenal sebagai transisi dari handphone biasa ke smartphone.

Ponsel fitur Android bermerek Nokia ini pertama kali muncul pada 2019 lali akhirnya diberi nama tidak resmi beberapa bulan setelahnya dan perusahaan kemudian membatalkannya. Lalu kini video mendadak muncul dan menunjukkan bagaimana "Google Android for Feature Phones" atau GAFP seharusnya bekerja.

Dari video juga tampak bila GAFP dirancang dengan navigasi D-Pad yang interaksi dengan Asisten Google. Lalu terlihat jelas di layar boot, ada tanda pertama bahwa Nokia 400 merupakan perangkat Android.

Lihat Juga :

Pada mode pengaturan terlihat bila ponsel menjalankan GAFP berbasis Android 8.1 Oreo. Ini juga memastikan bila perangkat hanya memiliki RAM 512MB, atau memenuhi persyaratan Android Oreo Go Edition pada 2019.

Mengingat Android Go telah mendukung versi Lite dari aplikasi utama Google, GAFP seharusnya juga bisa beroperasi, menurut laporan dari Slashgear.

Mengutip XDA Developer, ponsel ini didukung fitur data seluler, Wi-Fi, Bluetooth, dan senter. Kemudian ada pengaruran lain seperti pengguna dan akun, bahasa, Baterai, Tampilan, dan banyak lagi.


Terdapat juga sejumlah aplikasi yang laiknya ada pada ponsel android seperti Kalkulator, Kalender, pengelola file, pembersih file, Jam, Galeri, Kontak, Radio, Google Maps, dan banyak lagi.Ini juga termasuk game bernama Proxx, game Snake and Chrome Dinosaur yang populer, dan WhatsApp.

Sementara itu Calyx Hikari, pemilik video tersebut, mengungkapkan bahwa target pasar utama ponsel ini India. Namun masih belum diketahui mengapa HMD Global sebagai pemilik merek Nokia tiba-tiba membatalkannya ponsel ini.

[Gambas:Youtube]

(ryh/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK