VIDEO: Planetarium China, Propaganda dan Pengucilan Nama AS

AFPTV, CNN Indonesia | Rabu, 04/08/2021 17:03 WIB
Jakarta, CNN Indonesia --

Planetarium terbesar di dunia ini dianggap menegaskan keseriusan China mengeksplorasi luar angkasa. China telah menghabiskan sebagian besar tahun ini untuk membombardir publik dengan berita jelajah luar angkasanya.

Dalam beberapa bulan terakhir, China telah mendaratkan pesawat luar angkasa di Mars, melepaskan robot penjelajah untuk menjelajahinya, dan mengirim astronaut pertama ke stasiun luar angkasa China. Replika model pesawat luar angkasanya ditampilkan di planetarium ini bersama dengan replika lainnya. Ada juga klip Presiden Xi Jinping yang berbicara dengan taikonaut (astronaut China).

Namun, planetarium yang juga merupakan museum ini disebut mengurangi informasi tentang pencapaian Amerika Serikat di dalam penjelajahan antariksa. Pendaratan AS di bulan pada 1969 hanya direferensikan secara singkat dalam tampilan kecil dan kata-kata yang tidak menarik.

Sementara bagian "Pahlawan Luar Angkasa" hanya mencantumkan dua kosmonaut Rusia dan Yang Liwei, orang China pertama yang dikirim ke luar angkasa.