Fitur View Once Whatsapp, Foto-Video Hilang Usai Dilihat

CNN Indonesia | Rabu, 04/08/2021 15:40 WIB
Whatsapp meluncurkan fitur View Once yang bisa membuat pesan foto dan video langsung menghilang setelah dilihat oleh penerima. Ilustrasi. Whatsapp meluncurkan fitur View Once yang bisa membuat pesan foto dan video langsung menghilang setelah dilihat oleh penerima.(istockphoto/ gilaxia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengguna aplikasi pesan instan Whatsapp sekarang bisa menggunakan fitur baru View Once yang bisa menghilangkan kiriman foto dan video setelah sekali dilihat oleh penerima pesan.

Fitur ini akan mulai digulirkan pekan ini. Namun, saat dicoba, sepertinya pengguna di Indonesia belum bisa menggunakan fitur ini.

Fitur yang disebut View Once, akan membuat foto dan video menghilang dari obrolan setelah sekali dilihat oleh penerima pesan. Fitur ini mirip dengan fitur pengiriman foto dan video yang akan langsung menghilang setelah dilihat seperti di Instagram.


"Kami meluncurkan foto dan video View Once baru yang menghilang dari obrolan setelah dibuka, memberi pengguna kontrol lebih besar atas privasi mereka," seperti ditulis Facebook dalam blog mereka, Selasa (4/8). 

Menurut Facebook, fitur baru ini bisa membuat pengguna lebih hemat memori di ponsel mereka. Sebab, fitur ini membuat tidak semua foto dan video yang mereka terima tersimpan ke memori ponsel.

Selain itu, fitur ini juga disebut mendukung pengguna mengamankan privasi mereka. Sebab, foto dan video itu tidak akan tersimpan dalam memori ponsel.

Lebih lanjut, ketika foto atau video yang dikirim telah dibuka oleh penerima, maka pengirim akan mendapat tanda bahwa konten media telah "dibuka". Pesan yang dikirim dengan fitur View Once juga akan mendapat tanda angka 1 yang dilingkari.

Foto dan video yang dikirim juga tak bisa langsung dilihat, melainkan harus diklik terlebih dulu agar bisa dilihat oleh penerima.

Facebook juga menekankan fitur ini dilindungi oleh enkripsi end-to-end sehingga tak bisa dilihat oleh Whatsapp.

Fitur View Once baru bisa digunakan pada pesan perorangan dan belum bisa digunakan pada pesan grup.

Sebelumnya, fitur ini sempat terungkap ke publik saat masih meluncur untuk pengguna beta.

Cara Pakai View Once Whatsapp, Hilangkan Foto-Video Setelah Dilihat

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK