Cara Mencari Cuitan Lama di Twitter Tanpa Scroll Panjang

CNN Indonesia | Jumat, 06/08/2021 10:03 WIB
Mencari cuitan lama di Twitter membutuhkan waktu panjang. Namun, ada cara melihat status Twitter yang sudah lama tanpa perlu scroll panjang. Ilustrasi. Ada cara mudah melihat status Twitter yang sudah lama tanpa perlu scroll panjang. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mencari cuitan lama di Twitter bukan perkara mudah. Anda harus terus menggulir halaman dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Sebab, Anda bisa mengikuti beberapa cara melihat status Twitter yang sudah lama berikut.

Sebagaimana diketahui, Twitter merupakan platform media sosial yang digunakan untuk menuangkan pikiran dan gagasan dalam bentuk pesan. Setelah cuitan terkirim, seseorang yang membacanya dapat membalasnya, menyukainya, atau me-retweet cuitan tersebut.


Tidak hanya pesan, para pengguna Twitter juga banyak membagi ragam informasi berupa foto atau video.

Namun, sering kali pengguna Twitter gemar mencari cuitan lama dalam berbagai alasan. Biasanya cuitan lama dicari-cari jika seorang pengguna twitter menjadi viral akan apa yang dicuit saat itu dengan kondisi saat ini.

Sayangnya, mencari cuitan lama tak semudah yang dipikirkan. Berikut cara melihat status Twitter yang sudah lama.

Cara Mencari Status Twitter Lama Tanpa Aplikasi

Ilustrasi Twitter, Rabu, 27 November 2019. Layanan jejaring sosial berlogo burung biru ini dikabarkan akan menghapus akun yang sudah tak aktif selama lebih dari enam bulan mulai 11 Desember. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaIlustrasi. Cara mencari status Twitter yang sudah lama dapat dilakukan tanpa bantuan aplikasi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Mencari cuitan lama akan menghabiskan banyak waktu jika dilakukan secara manual, yakni menggulir layar, apalagi jika Anda aktif mencuit. Salah satu pengguna twitter terverifikasi, Ivan Lanin, membagikan cara cepat mencari cuitan tanpa perlu repot scroll layar.

- Buka (login) akun Twitter Anda
- Pada kolom pencarian Twitter ketik format berikut: "from:(akun) since: tttt-bb-hh until:tttt-bb-hh"

Isi 'akun' dengan nama akun Anda. Sementara 'tttt' merupakan tahun, 'bb' merujuk bulan, dan 'hh' merujuk hari. Berikut contohnya:

"from:Ivan since:2010-04-03 until:2010-05-20"

- Setelahnya, ketuk tombol enter atau search. Cuitan yang Anda unggah pada rentang tanggal itu akan muncul. Anda bisa melakukannya pada akun Twitter orang lain dengan format yang sama.



Cara kedua yang bisa dicoba adalah meminta arsip cuitan Anda pada Twitter. Berikut panduan cara melakukannya.

- Buka atau login akun Twitter
- Ketuk tab menu yang berada di sebelah kiri, lalu pilih opsi "Selengkapnya"
- Setelahnya pilih akun dan ketuk "Data Twitter Anda"
- Masukkan kata sandi pada menu "Unduh data Twitter"
- Ketuk tombol konfirmasi
- Twitter akan mengirimkan arsip cuitan Anda ke email

Demikian cara melihat status Twitter yang sudah lama tanpa aplikasi. Selamat mencoba!

(imb/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK