Studi: Biaya Servis Mobil Listrik Lebih Mahal dari Bensin

CNN Indonesia | Jumat, 06/08/2021 09:28 WIB
Menurut We Predict biaya servis mobil listrik 2,3 lebih mahal dibanding mobil bensin, kemudian turun menjadi 1,6 lebih mahal setahun kemudian. Ilustrasi mobil listrik. (Istockphoto/3alexd)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah penelitian yang dilakukan perusahaan analisis We Predict menyimpulkan biaya servis mobil listrik lebih mahal 2,3 kali dari mobil jenis internal combustion engine (ICE). Selain itu waktu servis mobil listrik juga dijelaskan dua kali lebih lama.

Automotive News memaparkan We Predict mengungkap informasi ini berdasarkan data yang dihimpun pada tahun ini. Studi dilakukan dengan melihat data 19 juta unit mobil listrik model 2016 hingga 2021.

Biaya servis lebih mahal 2,3 kali dari ICE itu disebut terjadi setelah tiga bulan kepemilikan. Kendati demikian We Predict menjelaskan setelah kepemilikan selama satu tahun, mobil listrik akan lebih mahal 1,6 kali dibanding ICE.


Penurunan itu disebut karena berkurangnya 77 persen biaya servis sekaligus sedikit pemangkasan biaya perbaikan.

Masalah lain yang disampaikan yakni soal waktu servis mobil listrik yang disebut dua kali lebih lama. Selain itu waktu perbaikan lebih lama 1,5 kali dan rata-rata beban kerja karyawan lebih tinggi 1,3 kali.

Wakil Presiden We Predict Renee Stephens mengatakan hal itu terjadi karena kenyataannya mobil listrik masih baru dan belum familiar di kalangan teknisi.

Sebagian besar pekerjaan perbaikan terpusat pada komponen spesifik mobil listrik, termasuk kelistrikan atau isu terkait pengecasan.

We Predict juga menemukan bahwa mobil listrik punya kecenderungan tinggi bermasalah pada ban. Data analisa menunjukkan ban lebih cepat aus dan rusak karena membawa beban baterai dan total berat mobil listrik yang lebih tinggi dibanding ICE.

We Predict memberi contoh kasus ini, yaitu pada Ford Mach-E yang disebut biaya perbaikan per unit US$93, jauh lebih rendah dibanding kompetitornya Audi E-tron yakni US$366.

Sementara itu Porsche Taycan sebesar US$667 per unit dan Jaguar I-Pace US$834 per unit.

We Predict berencana merilis hasil studi lanjutan yakni menganalisa setelah tiga tahun kepemilikan mobil listrik.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK