Bahaya WhatsApp GB di Balik Beragam Fitur dan Kelebihannya

CNN Indonesia | Jumat, 06/08/2021 08:10 WIB
Aplikasi WhatsApp GB atau WA GB masih ramai dipakai oleh beberapa pengguna karena ada fitur bisa membaca pesan yang sudah dihapus. Ilustrasi WhatsApp GB. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi WhatsApp GB atau WA GB masih ramai dipakai oleh beberapa pengguna. Pasalnya ada beberapa fitur WA GB yang menjadi favorit penggunanya. Salah satunya membaca pesan yang terhapus.

WA GB adalah aplikasi tidak resmi mirip WhatsApp yang dikembangkan pihak ketiga. Aplikasi hanya untuk Android ini merupakan hasil modifikasi WhatsApp dengan tambahan berbagai fitur yang belum ada di WhatsApp.

WA GB tidak dikembangkan oleh pencipta WhatsApp, yakni WhatsApp Inc. WhatsApp menilai WA GB telah melanggar ketentuan layanan dan menyatakan bakal memblokir akun pengguna jika terdeteksi memakai apikasi ini.


WA GB punya beragam fitur tambahan menarik dan unik seperti mengirim pesan terjadwal, menghapus pesan yang sudah terkirim, mematikan koneksi internet, menghilangkan status online, hingga membaca pesan terhapus.

Namun, ada beberapa risiko atau bahaya yang mengintai pengguna WA GB:

AkunDiblokir

WhatsApp menyampaikan pihaknya akan melakukan tindakan berupa pemblokiran sementara akun pengguna yang menggunakan WA GB. Selanjutnya WhatsApp akan melakukan pemblokiran secara permanen apabila akun pengguna tidak kunjung beralih ke aplikasi resmi.

Pihaknya menyediakan bantuan informasi bagi penggunanya yang ingin beralih ke aplikasi resmi. Namun, mereka tidak dapat menjamin bantuan akan sukses karena WhatsApp tidak mendukung aplikasi yang tidak resmi.

Validasi Keamanan

WA GB hanya bisa dipakai di Android, namun aplikasi ini tidak tersedia di Play Store ataupun App Store. Pengguna yang ingin menggunakannya mesti memanfaatkan sumber lain. WhatsApp Inc. menyatakan tidak bertanggung jawab atas berfungsinya aplikasi WA GB di Android.

"WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanannya," kata WhatsApp.

Keamanan WA GB sejauh ini masih masih menjadi perdebatan. Pihak WA GB menyebut tidak melanggar aturan WhatsApp sebab sejauh ini pengguna aplikasi tidak diblokir.



Cara Mengetahui Pengguna WhatsApp GB

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK