TIPS OTOMOTIF

Cara Mengendarai Mobil Penggerak Roda Depan di Tanjakan Curam

Tim | CNN Indonesia
Sabtu, 04 Sep 2021 10:17 WIB
Mobil penggerak roda depan punya kelemahan saat menanjak. Berikut cara mengendarai mobil penggerak depan di tanjakan curam. Nissan Livina menggunakan sistem penggerak roda depan. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak orang meragukan kemampuan mobil penggerak roda depan saat melalui jalan yang menanjak. Jika tak hati-hati, mobil bisa mundur dan menggelongsor ke bawah.

Namun, masalah tersebut sesungguhnya bisa diantisipasi. Berikut cara mengendarai mobil penggerak roda depan di tanjakan curam.

Pada dasarnya, mobil berpenggerak roda depan lebih lemah saat menanjak dibandingkan penggerak roda belakang. Kondisi ini disebabkan oleh kedua ban depan yang kehilangan traksi dalam posisi miring karena tak mendapat tekanan bobot kendaraan yang pindah ke area belakang.


Kendati demikian, bukan berarti hal tersebut tak dapat diatasi. Pengemudi hanya perlu memahami situasi dan membuat strategi yang tepat.

Praktisi keselamatan berkendara, Jusri Pulubulu mengatakan bahwa untuk mengantisipasi hal tersebut, pengemudi harus cakap dalam mengatur pedal gas, rem, atau kopling. Semua itu, lanjut Jusri, harus dilakukan secara halus dan penuh perhitungan.

Suasana lahan parkir di kawasan IRTI, Monas, Jakarta, Rabu, 9 September 2020. Pemerintah provinsi DKI Jakarta berencana menaikkan pajak parkir di DKI Jakarta sebesar 30 persen, kenaikan ini disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta dalam perubahan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pajak Parkir. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaIlustrasi. Ada cara mengendarai mobil penggerak roda depan di tanjakan curam yang bisa Anda ikuti. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Saat melepas rem tangan, pedal gas harus diinjak perlahan. Pada mobil manual, cara ini diikuti dengan melepas pedal kopling secara perlahan sembari mengikuti momentum gerakan mobil ke depan.

Membiarkan mobil menanjak perlahan menjadi salah satu cara mengendarai mobil penggerak depan di tanjakan curam.

Jusri mengingatkan pengemudi untuk melakukannya secara perlahan. Pasalnya, cara ini dapat mencegah ban depan selip karena tenaga yang dikeluarkan mesin terlalu besar, sementara traksi ban minim.

"Kalau mobil manual, lepas kopling, rem tangan dan injak gas harus perlahan. Jadi, harus halus dan bertahap," kata Jusri.

Jika terburu-buru menginjak pedal gas, lanjut Jusri, ban depan berpotensi mengalami selip. Kondisi akan semakin parah jika permukaan jalan licin setelah hujan atau berpasir.

Selain itu, Jusri juga menyarankan pengemudi untuk tidak panik. Panik hanya akan menimbulkan masalah baru.

"Jadi, bukan langsung injak pedal kuat. Kalau asal bejek, yang ada ban malah spin. Lakukan dengan tenang," ujar Jusri.

Selain mengikuti cara mengendarai mobil penggerak depan di tanjakan curam di atas, pengemudi juga diimbau untuk memahami berbagai fitur mobil yang dapat membantu di jalur pendakian.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER