TIPS OTOMOTIF

10 Ciri Kaki-kaki Mobil Bermasalah

CNN Indonesia
Senin, 06 Sep 2021 12:34 WIB
Kaki-kaki mobil umumnya dipakai untuk waktu lama tergantung kondisi yang mempengaruhi kekuatannya. Namun ketika rusak harus segera diperbaiki atau diganti. Kerusakan pada tapak ban, pelek dan suspensi mengurangi kenyamanan berkendara. (Foto: MMKSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kaki-kaki mobil meliputi ban, pelek, suspensi rentan mengalami kerusakan yang berpotensi menurunkan kenyamanan berkendara. Kaki-kaki mobil umumnya dipakai untuk waktu lama tergantung kondisi yang mempengaruhi kekuatannya.

Misalnya ban, dan suspensi serta komponen pendukungnya yang secara tiba-tiba bisa aus atau rusak tergantung pemakaian dan kontur jalan. Karena itu bagian kaki-kaki butuh perhatian. Untuk mengetahui kaki-kaki mobil bermasalah ada caranya, berikut rangkumannya:

Ban aus

Kondisi ban aus sebenarnya berhubungan dengan rusaknya kaki-kaki mobil. Namun, hal tersebut jarang dipahami pemilik kendaraan karena mengira penyebabnya salah memposisikan ban.


Karena itu, jika kita menemukan ban kendaraan aus, dengan ciri keausan tidak merata dan terjadi hingga ke telapak bagian dalam, segera atasi masalah dengan mengganti ban. Kalau sudah diganti, pastikan untuk menjaga tekanan angin sesuai yang direkomendasikan untuk tiap bannya.

Tapak ban terkikis

Tapak ban terkikis bisa jadi salah satu tanda kalau kaki-kaki mobil rusak. Seringnya, permukaan tapak ban terkikis tidak merata (bergelombang searah dengan putaran roda) disebabkan oleh rusaknya shockbreaker.

Selain berpengaruh pada fungsi ban, kerusakan shockbreaker juga menyebabkan rembesan oli menetes ke luar dari komponen itu.

Cara mengetahui kaki-kaki mobil rusak di bagian shockbreaker adalah dengan menggenjot ujung kap mesin atau bagasi mobil beberapa kali menggunakan tangan. Kalau mobil hanya berayun sekali setelah tekanan tangan dilepaskan dari kap, itu tandanya peredam getar mobil dalam kondisi baik. Namun, kalau mobil sampai berayun beberapa kali, maka sudah pasti shockbreaker rusak dan perlu diganti.

Kaki-kaki Mobil Bisa Dipakai untuk Waktu Lama

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER