Cara Atasi Kalau Sertifikat Vaksin Ada di Akun Orang Lain

CNN Indonesia | Kamis, 16/09/2021 14:50 WIB
Netizen di Twitter membeberkan cara mengakses sertifikat vaksin Covid-19 pada aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi PeduliLindungi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebagian pengguna aplikasi PeduliLindungi kerap mengeluh karena tidak bisa mengakses sertifikat vaksin mereka pada aplikasi tersebut.

Malah terkadang data dari seseorang yang telah divaksin malah berada di akun milik rekan, kerabat atau bahkan orang lain.

Padahal aplikasi Pedulilindungi kini menjadi syarat penting untuk bepergian dan kebutuhan lain. Sehingga, akses untuk sertifikat vaksin tersebut sangat diperlukan.


PeduliLindungi melalui akun Twitter resmi, @PLindungi, mengkonfirmasi hal itu terjadi karena nomor ponsel yang tertera pada vaksin sama dengan nomor pada akun.

"Hallo, admin mau kasih info untuk data vaksin yang ada di akun rekan/kerabat , orang lain itu karena no hp vaksinnya sama dengan no hp akunnya," tulisnya, beberapa waktu lalu.

Berikut cara untuk mengklaim sertifikat vaksin Anda jika data vaksin ada pada akun orang lain:

Untuk mengatasi hal tersebut, PeduliLindungi mengimbau pengguna untuk mengakses PeduliLindungi via web www.pedulilindungi.id. Kemudian mengklik tanda klaim jika sudah divaksin.

Netizen dengan nama akun Twitter @gusn, juga membagikan cara serupa. Ia menerangkan pengguna harus memastikan sudah log masuk (login) pada situs PeduliLIndungi.

Selanjutnya, klik klaim pengguna telah melakukan vaksinasi pada bagian atas layar.

Jika sudah, pengguna akan diminta untuk mengisi data seperti nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), tanggal lahir, tanggal vaksin dan jenis vaksin.

"Pastikan data di pedulilindungi sudah benar semua khususnya nama dan NIK," tulis @gusn.

Selanjutnya maka sertifikat vaksin sudah bisa diklaim oleh pengguna.

Pengguna juga dapat mengunduh sertifikat tersebut atau mencetaknya langsung.

(mrh/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK