Cara Cek Tarif Tol di Waze dengan Mudah

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 19/09/2021 15:12 WIB
Dengan mengetahui cara cek tarif tol di Waze, memudahkan pengendara mempersiapkan nominal saldo di jalan tol yang akan dilewati. Dengan mengetahui cara cek tarif tol di Waze, memudahkan pengendara mempersiapkan nominal saldo di jalan tol yang akan dilewati. (Foto: Waze)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi pemetaan Waze memang dikenal bisa memudahkan pengguna untuk menemukan lokasi alamat dengan akurat.

Selain menemukan alamat, Waze mempunyai berbagai fitur unggulan yang menarik, di antaranya bisa menampilkan kecepatan rata-rata, arah jalan, rute alternatif, sampai tarif tol.


Untuk mengetahui cara cek tarif tol di Waze juga tidak rumit. Bahkan cara ini dapat memudahkan pengendara untuk mempersiapkan nominal saldo yang nantinya harus dibayarkan ketika memakai jalur tol tersebut.


Selain itu, tarif tol ini biasanya berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan, sehingga penting untuk melakukan pengecekan terlebih dulu.

Cara Cek Tarif Tol di Waze

Ilustrasi mengemudi mobilCara cek tarif tol di Waze (Ilustrasi Foto: Barn Images)


Waze merupakan aplikasi navigasi gratis yang dikembangkan Google. Saat ini, Waze dapat digunakan untuk berbagai sistem seperti iOS, Android, Window Mobile, Symbian, dan Blackberry.

Aplikasi Waze telah digunakan di berbagai negara termasuk Indonesia, bahkan peta wilayah Indonesia ini terbilang sudah lengkap sehingga memungkinkan lebih akurat.

Berikut ada cara cek tarif tol di Waze yang bisa Anda lakukan melalui smartphone. Tapi pastikan sudah mengunduhnya terlebih dulu sesuai sistem perangkat masing-masing.

  1. Buka aplikasi Waze di perangkat Anda
  2. Periksa pengaturan navigasi terlebih dulu dan nonaktifkan fitur Avoid Toll Roads
  3. Selanjutnya masukkan alamat yang ingin dituju pada kolom pencarian (Where to)
  4. Setelah masukkan alamat klik enter
  5. Sistem Waze akan otomatis menampilkan rute lengkap dengan tarif tol dan lainnya
  6. Anda juga dapat membandingkan biaya yang harus dikeluarkan dengan durasi serta jarak tempuh
  7. Jika sudah yakin, tinggal klik Start Drive untuk melakukan perjalanan ke tempat tujuan

Tarif tol yang terlampir pada aplikasi Waze tentunya sudah update sehingga Anda tidak perlu ragu apabila nantinya tidak sesuai ketika melakukan pembayaran di tol.

Besaran tarif tol tersebut dapat menyesuaikan golongan kendaraan yang Anda miliki, seperti sedan, jip, pick up, bus, hingga truk.

Tambahannya, selain menampilkan rute, biaya tol, dan estimasi perjalanan, aplikasi Waze juga memiliki fitur informasi kecelakaan, jalur macet, serta alarm keadaan bahaya.

Itulah cara cek tarif tol di Waze yang dapat dicoba. Setelah mengetahui tarif tol, jangan lupa untuk isi ulang saldo e-toll Anda.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK