Misi Antariksa Inspiration4 Segera Meluncur

CNN Indonesia | Rabu, 15/09/2021 20:09 WIB
Misi luar angkasa Inspiration4 yang merupakan kerja sama SpaceX dengan NASA bakal segera diluncurkan. Misi luar angkasa Inspiration4 yang merupakan kerja sama SpaceX dengan NASA bakal segera diluncurkan. (AFP/PATRICK T. FALLON)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan SpaceX milik pengusaha Elon Musk dan Badan Antariksa dan Aeronautika Amerika Serikat (NASA), segera meluncurkan misi luar angkasa bernama Inspiration4 yang hanya akan beranggotakan warga sipil.

Misi itu akan dilaksanakan selama tiga hari dengan mengorbit Bumi dan beranggotakan empat warga sipil.

Inspiration4 direncanakan meluncur pada Rabu (15/9). Perjalanan ini akan dimulai dari Kompleks Peluncuran 39A di Pusat Luar Angkasa Kennedy milik NASA yang berlokasi di Florida, dengan menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX.


Seperti dilansir Greekreporter, tujuan dari misi antariksa ini adalah buat menggalang dukungan bagi Rumah Sakit Penelitian Anak Saint Jude. Organisasi yang juga berfungsi sebagai rumah sakit anak dan pusat penelitian bagi kanker pada anak-anak serta penyakit berat lainnya untuk melakukan penggalangan dana yang berkoordinasi dengan miliarder Jared Isaacman.

RS Saint Jude nantinya akan melelang barang-barang yang berkaitan dengan misi ini, dan mengadakan sesi pertemuan dengan empat anggota tim dari misi ini yang salah satunya adalah Jared Isaacman.

Menurut laporan UPI, Isaacman akan menjadi pilot sekaligus komandan dalam misi ini. Dia mulai mengumpulkan kru sejak Februari lalu.

"Saya berpikir kita memiliki kewajiban untuk memaksimalkan waktu kita di Bumi, dan saya juga berpikir kita memiliki kewajiban untuk membuat dunia jadi lebih baik," ucap Isaacman dalam sebuah wawancara.

"Jadi, kapanpun saya mencoba dan menentukan untuk mencapai sebuah petualangan, saya mencoba melakukan sesuatu yang lebih besar-yang biasanya penggalangan dana dan peningkatan kesadaran," ujar Jared.

Selain Isaacman, tiga orang yang menjadi kru pada misi antariksa ini adalah Chris Sembroski yang merupakan seorang teknisi data, lalu Hayley Arceneaux yang merupakan seorang penyintas kanker tulang saat anak-anak, serta Sian Proctor yang merupakan seorang seniman.

Tim ini dilaporkan akan meluncur pada pukul 20.00 waktu setempat.

"Setelah mengevaluasi kesiapan dari roket Falcon 9, pesawat antariksa Dragon, sistem landasan yang terasosiasi, aset pemulihan dan elemen kunci lain dari sistem penerbangan manusia SpaceX, juga memantau kondisi prakiraan cuaca pada tempat peluncuran di sepanjang jalur pendakian dan jalur pendaratan di sepanjang pantai Florida untuk memastikan seluruh kru selamat saat kembali beberapa hari kemudian, seluruh kru sepakat untuk lepas landas pada Rabu, 15 September 2021 pukul 20.00," ujar kru Inspiration4 dalam pernyataan resmi.

(lnn/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK