TIPS OTOMOTIF

Cara Mendirikan Moge yang Jatuh Seperti Motor Pengawal Jokowi

CNN Indonesia | Kamis, 16/09/2021 18:46 WIB
Mengangkat moge yang jatuh tidak bisa dilakukan sembarangan, cara tepat yaitu menggunakan teknik khusus yang tak mencederai punggung. Moge pengawal Jokowi di Aceh Besar jatuh saat bersenggolan dengan mobil. (CNN Indonesia/Dani Randi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Moge pengawal Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) disenggol mobil yang membawa pasukan pengamanan presiden (Paspampres) saat mengunjungi Desa Lambro Bilue, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (16/9). Moge tersebut sempat terjatuh dan spionnya patah.

Kejadian ini diketahui tidak sampai membuat cedera atau malah memakan korban. Namun insiden moge jatuh tentu sesuatu yang merepotkan, tanpa keahlian mendirikan moge ke posisi semula bisa jadi hal sangat sulit.

Praktisi keselamatan berkendara Jusri Pulubuhu mengatakan mendirikan moge yang besar dan berat tidak bisa asal karena berisiko cedera, terutama di bagian punggung. Patut diketahu bobot satu unit moge bisa di atas 200 kg.


Seseorang harus memahami cara yang tepat untuk mendirikan moge sendiri tanpa bantuan.

"Idealnya ketika mengangkat benda berat harus ada teknik. Tekniknya dasarnya jangan beri pengaruh ke punggung. Karena di sana banyak syaraf yang bisa bikin kita cedera hingga lumpuh," kata Jusri saat dihubungi, Kamis (16/8).

Ia mengatakan cara yang tepat yaitu mengandalkan otot besar pada paha.

Caranya, jika motor jatuh ke sebelah kanan pastikan standar samping sudah dalam posisi 'on'. Di samping itu jangan lupa mematikan mesin dan masukan gigi agar roda terkunci sepenuhnya.

Lalu posisikan tubuh pada sisi di mana motor itu merebah. Kemudian jongkok sembari membelakangi motor, namun dengan punggung dalam keadaan tegak.

"Lalu, setang motor itu dipegang dengan tangan kiri, dan tangan kanan pegang bagian motor belakang," ungkapnya.

Lalu angkat perlahan moge sambil mengandalkan otot paha. Pastikan juga pandangan mata sejajar tanpa melihat ke atas atau ke bawah untuk menjaga keseimbangan.

"Kalau ada sakit di punggung letakkan kembali. Kalau sakit berarti ada yang salah dalam prosesnya," kata dia.

Setelah tegak, ia mengatakan kita dapat langsung melepaskan motor ke arah sebaliknya.

"Lepas saja, karena kan saat dia merebah ke kiri saat diangkat, itu sudah ada tahanan dari standar samping. Tapi saat ngangkat pastikan setang masuk ke dalam, dalam artian bengkok ke kanan," ucapnya.

Namun jika moge merebah ke ke kiri, menurut dia caranya akan sedikit berbeda. Menjelang arah 90 derajat, posisi tubuh kita putar balik dan bobot motor ditahan paha kanan.

Pada saat berputar, kaki kiri menurunkan standar samping. Baru setelah itu kita dapat melepas motor.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK