PPnBM 100 Persen Diperpanjang, Penjualan Mobil Kejar Target

fea | CNN Indonesia
Jumat, 17 Sep 2021 10:45 WIB
Gaikindo optimistis penjualan mobil mencapai 750 ribu unit karena PPnBM 100 persen diperpanjang. PPnBM 100 persen untuk mobil produksi lokal maksimal 1.500 cc diperpanjang sampai Desember 2021. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyetujui usulan memperpanjang penerapan PPnBM 100 persen dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Asosiasi Gaikindo menyatakan hal ini bakal membantu kinerja industri otomotif lebih baik pada tahun ini.

PPnBM 100 persen untuk 23 mobil baru produksi lokal maksimal 1.500 cc yang telah habis masa berlakunya pada 31 Agustus diputuskan Kemenkeu diperpanjang sampai 31 Desember. Aturan perpanjangan kedua setelah dilakukan pertama kali pada Juni ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 120 tahun 2021.

Awalnya PPnBM 100 persen diberlakukan Maret - Mei, namun kemudian diperpanjang sampai Agustus oleh Kemenkeu pada Juni. Setelah Agustus skema relaksasi PPnBM yang berlaku adalah diskon 25 persen, yang saat ini sedang diterapkan para Agen Pemegang Merek (APM).


Para APM yang sekarang sudah menerapkan harga jual mobil baru berdasarkan PPnBM 25 persen akan merevisi mengikuti aturan PPnBM 100 persen pada September-Desember.

"Kita berterimakasih kepada pemerintah jadi dengan adanya ini industri kita bisa berkinerja lebih baik dalam proses dan kontribusinya dalam memulihkan ekonomi," kata Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gaikindo saat dihubungi, Jumat (17/9).

Menurut Kukuh pihaknya optimistis penjualan mobil di Indonesia bisa mencapai perkiraan, atau sering dibahas sebagai target, sebesar 750 ribu unit setelah PPnBM 100 persen diperpanjang. Hingga Agustus penjualan mobil di dalam negeri sudah mencapai 543 ribu unit, ini berarti kurang sekitar 206 ribu unit dari target selama sisa empat bulan. 

"Kita optimis 750 ribu unit kalau enggak ada kejadian luar biasa seperti kemarin," kata Kukuh.

Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra mengatakan perpanjangan PPnBM 100 persen bagus untuk konsumen dan juga baik buat industri otomotif.

Kemenkeu menyatakan konsumen yang sudah membeli mobil baru pada September menggunakan PPnBM 25 persen akan mendapatkan pengembalian dana karena pemberlakuan PPnBM 100 persen.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER