Daftar HP yang Usung Android 12 Lebih Awal

CNN Indonesia
Selasa, 21 Sep 2021 13:10 WIB
Sistem Operasi (OS) Android 12 segera diluncurkan dalam waktu dekat dan berikut daftar ponsel yang bisa mendapat OS anyar versi beta. Sistem Operasi (OS) Android 12 segera diluncurkan dalam waktu dekat dan berikut daftar ponsel yang bisa mendapat OS anyar versi beta. (Tangkapan layar web blog.google)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sistem Operasi (OS) Android 12 segera diluncurkan dalam waktu dekat. Terdapat beberapa ponsel yang sudah mengusung OS 12 beta lebih awal.

Beberapa pihak memprediksi sangat mungkin Android 12 akan rilis pada September 2021, meskipun Google belum menetapkan tanggal resmi. Berdasarkan linimasa yang diunggahdi situs resmi perusahaan menunjukkan rilis menjelang akhir kuartal ketiga 2021, yang berarti akhir September.

Di samping itu bocoran Android 12 terbaru yang selama ini beredar Android 12 akan diluncurkan secara resmi pada 4 Oktober dikutip dari XDA Developers.


Pembaruan pada Android 12 ini dijanjikan bukan sekadarnya saja. Perusahaan mengatakan bahwa mereka akan memperkenalkan sistem antarmuka terbaru dan sederet fitur anyar lainnya.

Fokus utama Android 12 adalah pada renovasi visual, hal-hal yang hampir sama selama beberapa tahun terakhir. Google menyebut sistem tema ini sebagai UI 'Material You'. Ia akan mengadaptasi warna aksen wallpaper untuk tampilan yang lebih mulus dan terpadu.

Google sebelumnya kerap bersamaan merilis versi baru Android dengan peluncuran ponsel miliknya seperti Nexus atau Pixel. Namun kini perusahaan itu sudah tidak menggunakan pola tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Dua versi Android terakhir keluar pada awal September 2019 ketika meluncurkan Android 10, dan Android 11 pada September 2020. Meskipun pandemi mengganggu siklus pengembangan Android 11, Google diprediksi masih akan merilis OS terbaru itu pada bulan ini.

Meski demikian ada beberapa bocoran ponsel yang disebut bakal menerima pembaruan Android 12 lebih dulu, di antaranya seperti Samsung Galaxy S21 dan OnePlus 9.

Namun ponsel besutan Google, Pixel 2 dan Pixel 2 XL tidak akan menerima Android 12. Diketahui Android 11 menjadi pembaruan terakhir dari kedua ponsel itu, menurut laporan Toms Guide.

Hal itu berarti Pixel 3 dan Pixel 3 XL berada di urutan berikutnya, membuat Android 12 berpotensi menjadi OS terakhir mereka. Dari semua ponsel yang tersedia, berikut beberapa smartphone yang akan menerima Android 12 karena semua model telah kompatibel dengan Android 12 beta:

Pixel 3

Pixel 3 XL

Pixel 3a

Pixel 3a XL

Pixel 4

Pixel 4 XL

Pixel 4a

Pixel 4a 5G

Pixel 5

Pixel 5a

Asus (Zenfone 8)

Google (Pixel 3)

OnePlus (OnePlus 9 and 9Pro)

Oppo (Find X3 Pro)

Realme (Realme GT 5G)

Sharp (Belum ada informasi ponsel terbaru)

Tecno (Camon 17)

TCL (TCL 20 Pro 5G)

Vivo (iQOO 7 Legend)

Xiaomi (Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 11I, Mi 11X Pro)

ZTE (Axon 30 Ultra 5G)

[Gambas:Video CNN]

(mrh/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER