Teka-Teki iPhone 14, Misteri Kamera 48MP hingga Desain

CNN Indonesia | Kamis, 23/09/2021 01:58 WIB
Ponsel iPhone 14 yang masih menjadi misteri diperkirakan bakal hadir dengan desain baru dan dibekali kamera 48MP. Ponsel iPhone 14 yang masih menjadi misteri diperkirakan bakal hadir dengan desain baru dan dibekali kamera 48MP. (Josh Edelson / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ponsel iPhone 14 yang masih menjadi misteri diperkirakan bakal hadir dengan desain baru dan dibekali kamera 48MP.

Menurut kabar, ponsel itu akan dibanderol US$900 atau sekitar Rp12,8 juta.

Setelah peluncuran iPhone 13 pekan lalu, analis terkenal yang sering memberikan informasi soal iPhone, Ming-Chi Kuo, mengatakan iPhone 14 bakal diluncurkan tahun depan dan dilengkapi dengan kamera lebar (wide).


Hal tersebut menguatkan laporan sebelumnya dari Kuo dan pembocor Jon Prosser. Dalam hal desain, Kuo sebelumnya melaporkan iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan mengganti desain notch dengan "punch-hole display" yang serupa dengan yang digunakan di beberapa ponsel Android papan atas.

Jajaran iPhone 14 diharapkan tersedia dalam dua ukuran layar yang berbeda: 6,1 inci dan 6,7 inci. Kemungkinan pilihan layar itu dalam bentuk iPhone 14 dan iPhone 14 Max, kemudian iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Kuo menegaskan hanya iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang akan mendapatkan desain hole-punch baru, sementara model lain tampaknya akan mempertahankan notch.

Selain itu, Kuo mengatakan generasi iPhone 14 Max bakal dibanderol dengan harga di bawah US$900 atau Rp12,8 juta. Sebagai perbandingan, seri "Max" jajaran iPhone saat ini hanya mencakup iPhone 13 Pro Max dengan layar 6,7 inci, yang dibanderol dengan US$1.099 atau Rp15,6 juta, seperti dilansir 9to5mac.

Kuo sempat mengatakan iPhone 14 bakal mempunyai fitur pendukung Touch ID di bawah layar. Namun, dia menarik kembali klaim itu dan mengatakan ada indikasi terbaru Apple bakal menunda peluncuran iPhone dengan Touch ID di bawah layar hingga paruh kedua 2023.

Sedangkan untuk kamera wide 48MP, kemungkinan gambar keluaran iPhone masih akan beresolusi 12 megapiksel. Apple dapat menggunakan teknologi yang disebut 'four-cell merge output mode' yang digunakan oleh beberapa perangkat Android, untuk mengambil data mentah 48 megapiksel dan membuat gambar keluaran 12 megapiksel dengan lebih detail dan lebih sedikit noise.

Sampai saat ini tidak satupun dari detail ini kemungkinan besar bakal disematkan pada iPhone 14, meskipun Ming-Chi Kuo selama ini terbukti sebagai analis Apple terpercaya.

Seperti dilansir Techradar, sebagian analis meyakini Apple bakal memilih desain tampilan punch-hole pada iPhone 14. Sebab posisi kamera menghadap depan yang diisolasi dari bezel atas memberi pengguna sedikit lebih banyak layar, dan terlihat lebih estetis daripada notch yang memakan banyak layar.

(mrh/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK