Facebook Rilis Tablet Buat Video Call Portal Go, Rp2,8 Juta

CNN Indonesia | Rabu, 22/09/2021 13:59 WIB
Facebook meluncurkan dua perangkat video call terbaru, yakni Portal Go dan Portal Go Plus. Facebook meluncurkan dua perangkat video call terbaru, yakni Portal Go dan Portal Go Plus. (Tangkapan layar web portal.facebook.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Facebook meluncurkan dua perangkat serupa tablet yang sengaja diluncurkan khusus untuk melakukan video call yang dinamakan Portal Go dan Portal Go Plus.

Menurut laporan, Portal Go portabel 10 inci akan dibanderol dengan harga US$199 (Rp2,8 juta), sedangkan Portal Go Plus dengan layar miring HD 14 inci dibanderol seharga US$349 (Rp4,9 juta).

"Portal Go dan Portal+ akan mulai dikirimkan pada 19 Oktober; pre-order dibuka sekarang di portal.facebook.com," tulis Facebook dalam laman resmi mereka, seperti dikutip pada Rabu (22/9).


Dua versi baru perangkat panggilan video Portal akan menampilkan teknologi baru termasuk WhatsApp dan fitur keamanan yang diperbarui.

facebook portal goFacebook Portal Go. (Tangkapan layar web portal.facebook.com)

Portal Go memiliki layar 10 inci dan kamera 12MP serta dapat dibawa secara nirkabel. Sedangkan Portal Go Plus memiliki kamera 12MP dan nirkabel, tetapi memiliki layar yang lebih besar yakni 14 inci serta dilengkapi dengan speaker stereo.

Perangkat Portal Go dan Portal Go Plus yang baru akan tersedia mulai 19 Oktober itu juga akan mendukung Microsoft Teams dan WhatsApp.

Alat multi-perangkat WhatsApp yang baru memungkinkan pengguna untuk menggunakan perangkat lunak perpesanan di ponsel mereka dan empat perangkat pintar lainnya, termasuk Portal.

Seperti dilansir Evesham Journal, pembaruan akan mencakup sejumlah kontrol privasi baru seperti penguncian layar, kode sandi perangkat, dan penutup lensa untuk memblokir kamera.

Fitur baru juga termasuk Household Mode yang memberi pengguna kemampuan untuk mengizinkan atau melarang aplikasi dan kontak yang berbeda untuk diakses oleh pengguna Portal lainnya.

Seperti dilansir Axios, Facebook berinvestasi besar-besaran dalam perangkat keras. Setelah menemukan dirinya sangat bergantung pada Apple dan Google di ranah seluler, perusahaan bertujuan memiliki peran yang lebih sentral pada perangkat generasi berikutnya, termasuk headset VR dan AR, serta perangkat komunikasi seperti Portal.

Jalur Portal telah berkembang secara signifikan sejak debut pada 2018, menambahkan lebih banyak jenis perangkat serta dukungan untuk layanan obrolan video bisnis termasuk Zoom dan WebEx.

(mrh/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK