Audi Gandeng Pembalap Ken Block Garap Proyek Mobil Listrik

M. Ikhsan & lnn, CNN Indonesia | Kamis, 23/09/2021 05:19 WIB
Pembalap rally profesional Ken Block ikut dalam pengembangan mobil listrik Audi. Audi kemungkinan akan berhenti mengembangkan mobil konvensional mulai 2026. (Foto: audi-mediacenter.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Audi anak perusahaan Volkswagen Group mengumumkan menggandeng pembalap rally profesional, Ken Block dalam pengembangan mobil listrik. Kolaborasi ini bentuk komitmen perusahaan yang kemungkinan akan berhenti mengembangkan mobil konvensional mulai 2026.

"Elektrifikasi adalah lanskap industri otomotif masa depan. Ke depan tidak hanya menekan konsumsi bahan bakar sebuah kendaraan tapi misi membuat Bumi lebih baik. Bersama Ken Block, kami memiliki hal yang seru di perusahaan dan akan berjalan sempurna dengan strategi kami," ucap Julius Seebach, Managing Director Audi Sport mengutip situs resmi Audi.

Block menjelaskan mobil listrik adalah sebuah produk masa depan. Pengembangan mobil listrik adalah langkah besar untuk mengurangi emisi dan membuat planet ini jadi tempat huni yang lebih baik.


Ken Block (53) selama ini sebagai sosok yang dikenal mendukung peralihan teknologi mobil ke tenaga listrik, meskipun selama karirnya ia menggunakan mesin dengan bahan bakar.

"Saya suka segala sesuatu yang membuat aku jadi lebih cepat. Mobil listrik bisa melakukan itu," ucap Block.

Ken Block sudah cukup akrab dengan mobil listrik, meskipun sepanjang karisnya dia lebih dikenal sebagai pengguna mobil-mobil berperforma dengan bahan bakar minyak. Tahun lalu, ia memenangkan balapan pertama pada seri FIA World Rallycross Projekt E all-electric dengan mengendarai Ford Fiesta ERX.

Selain itu, dia menjadi pembalap tercepat ketiga pada babak final Dakar Rally tahun 2020 dengan mengendarai Extreme E dari purwarupa Oddyssey 21.

Sementara itu banyak menilai Ken Block sangat cocok bergabung dengan Audi setelah mengakhiri kerja sama panjangnya dengan Ford pada Januari lalu.

"Audi adalah merek yang menumbuhkan rencana saya pada dunia motorsport. Saya sangat senang untuk memulai babak baru ini. Bersama, kami akan mengembangkan proyek inovasi dan menembus batas dari mobil listrik," ucap Block.

Dalam kunjungannya ke Audi di Jerman, Block berkesempatan mengendarai beberapa mobil balap bersejarah Audi, termasuk Audi Sport quattro S1. Kemudian, ia juga berkesempatan mencoba Audi RS e-tron GT yang merupakan model mobil listrik andalan Audi saat ini.

"Audi RS e-tron GT sangat mengejutkan saya. Mobil yang indah dan sempurna, mobil ini sangat cepat dan memberikan pengalaman berkendara yang baik," tutup Ken Block.

(mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK