Dealer Buka Pesanan Avanza Baru, Bocoran Meluncur November

CNN Indonesia | Jumat, 24/09/2021 15:58 WIB
Avanza dan Xenia segera beralih ke generasi baru menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dengan sistem gerak roda depan. Toyota Avanza bakal beralih ke generasi baru mengugnakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dan penggerak roda depan (FWD). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah dealer Toyota dan Daihatsu membocorkan informasi generasi baru mobil kembar Avanza dan Xenia yang dikatakan bakalan meluncur paling cepat November dan ada kemungkinan di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Salah satu tenaga penjual dari dealer Toyota di Jakarta Utara yang enggan disebut namanya bilang Avanza akan hadir sepenuhnya baru.

"Iya nanti model Avanza akan banyak pembaruan, dan peluncurannya itu antara November-Desember, jadi paling cepat November," katanya saat dihubungi, Jumat (24/9).


Ia sedikit memberi gambaran mengenai ubahan Avanza. Pertama dikatakan berubah dari penggerak roda belakang menjadi penggerak roda depan.

Selanjutnya untuk pertama kalinya juga Avanza bakal menggunakan CVT dan paket fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS).

"Tapi untuk platform atau bentuk desain luarnya itu saya belum dapat kabar barunya seperti apa, bentuk desain juga belum ada info lebih lanjut," kata dia.

Sementara staf dari dealer Daihatsu di Jakarta Selatan mengamini generasi baru Xenia juga akan dirilis. Ia menyebut peluncuran mungkin berdekatan dengan debut Avanza baru.

Sudah jadi kebiasaan peluncuran mobil kembar Daihatsu dan Toyota akan dimulai dari Daihatsu lebih dulu, lantas dilanjutkan Toyota pada hari yang sama namun di jam dan tempat yang berbeda. Pola ini sudah berlaku sejak Avanza-Xenia, Agya-Ayla, Calya-Sigra, dan Raize-Rocky.

"Sebelum akhir tahun, antara Desember atau lebih cepat Desember. Tapi saya belum dapat info soal apa saja yang berbeda," katanya.

Berdasarkan keterangan tenaga penjual diduga generasi baru Avanza-Xenia akan rilis di GIIAS. GIIAS telah mengalami penundaan hingga akhirnya direncanakan digelar November.

Sudah Bisa Dipesan

Mengenai harga terbaru, tenaga penjual Toyota belum dapat memastikan apa akan ada kenaikan atau tidak. Namun ia menyebut pemesanan sudah bisa dilakukan dengan tanda jadi Rp5 juta.

"Sudah bisa dipesan, kalau pesan sekarang yang jelas akan dapat duluan," kata dia.

Sinyal peluncuran generasi baru Avanza dan Xenia mencuat setelah muncul kode baru di daftar perpajakan mobil baru yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri.

Dalam laporan itu terdapat mobil berkode W100RE dan W101RE yang diduga Avanza anyar.

Varian anyar ini dilengkapi transmisi otomatis CVT, bukan lagi konvensional biasa. Di sana tertulis varian dengan model CVT, yaitu 1.3 E CVT, 1.5 G CVT, 1.5 Q CVT, hingga 1.5 CVT.

Tersibak juga Avanza akan punya paket fitur keselamatan baru dari Toyota, yakni Toyota Safety Sense (TSS).

Saat ini mobil kelas menengah Toyota atau non premium yang sudah menggunakan TSS adalah Raize. Pada Raize sejumlah fitur yang masuk ke dalam TSS antaranya enam Airbags, Pedal Misoperation Control, dan TSS BSM (blind spot monitor) RCTA (Rear Traffic Control Alert).

Dalam daftar yang dirilis Kementerian Dalam Negeri tersebut ada dua varian Avanza menggunakan TSS, yaitu 1.5 G CVT TSS dan 1.5 Q CVT TSS.

Sementara kabar lain menyebut Avanza akan menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK