Cerita Manusia Pertama Sampai di Dasar Sumur Neraka Yaman

can, CNN Indonesia | Senin, 27/09/2021 07:21 WIB
Mengenal peneliti dan tim penjelajah goa asal Oman berhasil menjejak Sumur Neraka di Yaman untuk pertama kali. Mengenal peneliti dan tim penjelajah goa asal Oman berhasil menjejak Sumur Neraka di Yaman untuk pertama kali. (AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 8 dari 10 peneliti Eksplorasi Gua Oman (OCET) menjadi manusia pertama di Bumi yang turun ke dasar Sumur Neraka atau di Yaman.

Salah satu peneliti dalam tim itu adalah Mohammad Al Kindi, salah seorang profesor geologi dari Universitas Teknologi Jerman di Oman yang merupakan salah satu tim OCET.

Al Kindi merupakan salah satu peneliti di Pusat Konsultasi Ilmu Bumi (ESCC), dan peneliti lulusan Pusat Konsultasi Ilmu Bumi (ESCC)University of Leeds, Inggris.


Al Kindi kerap melakukan penelitian bidang industri minyak dan energi. Ia disebut terampil dalam bidang optimalisaai produk minyak, penambangan, dan mahsyur dalam bidang Geologi.

Lewat lembaga penelitian di ESCC, ia juga melakukan evaluasi blok pertambangan, estimasi cadangan kandungan bumi, pemodelan 3D, survei topografi, pengeboran, deskripsi inti, pengambilan sampel dan pemetaan geologi.

Sederet penelitian di bidang kebumian juga telah dilakukan sejak tahun 2011. Di antaranya penelitian yang berjudul Kisah Tanah dan Kehidupan di Oman yang dilakukan pada 2018, penemuan terbaru dari jejak fosil mamalia besar Rupelian pada 2017.

Pada 2020 ia juga meneliti hubungan antara struktur lipatan skala besar, dan pola rekahan skala kecil dari pegunungan Oman. Terbaru ia meneliti Sumur Neraka di Yaman.

Beberapa penelitian di bidang ilmu kebumian yang dilakukan Al Kindi juga sudah banyak menjadi rujukan penelitian dan telah ditinjau oleh sejawat atau peer review.

Isi sumur neraka

Sumur Neraka yang terakhir diteliti Al Kindi berserta tim mengungkap beberapa temuan di dalamnya. Salah satunya keberadaan air segar di dasar sumur.

Mohammad Al Kindi dan tim penjelajah mengatakan telah meminum air segar yang terdapat di dasar Sumur Neraka. Padahal sumur neraka terkenal dengan mitos sebagai gua yang "jahat" dan airnya berbahaya untuk diminum.

"Kami bahkan minum satu botol penuh dan tidak ada yang terjadi pada kami!"pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



Tim ekspedisi gua asal Oman itu melakukan ekspedisi demi mengungkap apa saja yang ada di dasar struktur geologi yang kerap dikaitkan dengan mitos menyeramkan.

Dalam ekspedisi, tim menemui banyak ular di dasar gua. Al Kindi mengatakan telah melihat banyak ular usai menghabiskan waktu sekitar enam jam di dalam gua.

"Mereka berkembang biak ketika tidak ada predator yang memakannya. Itu biasa," katanya.

Cerita Seram Seputar Sumur Neraka

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK