Mengenal Penyu Raksasa Terbesar di Dunia, Muncul di Kalbar

CNN Indonesia | Senin, 27/09/2021 15:50 WIB
Mengenal Penyu Belimbing yang merupakan penyu raksasa terbesar di dunia muncul di Kalimantan Barat. Mengenal Penyu Belimbing yang merupakan penyu raksasa terbesar di dunia muncul di Kalimantan Barat.(ANTARA/HO-KKP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seekor penyu belimbing yang merupakan penyu raksasa terbesar di dunia atau dengan nama dermochelys coriacea muncul di pesisir pantai di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar).

Kemunculan penyu belimbing itu menjadi sebuah fenomena langka karena terjadi di Pantai Paloh yang merupakan tempat peneluran penyu hijau.

Penyu belimbing memiliki panjang lengkung tempurung 174 cm, lebar tempurung 114 cm, dan lebar jejak 194 cm.


Asal-usul Nama

Dilansir dari reptile-database.reptarium.cz, nama dermochelys berasal dari bahasa Yunani derma yang artinya kulit atau disembunyikan, serta chelys yang artinya kura-kura dan mengacu pada dasar kulit yang menutupi tempurung.

Sedangkan coriacea berasal dari bahasa Latin coriaceus yang artinya kulit dan mengacu pada tempurung yang menyerupai kulit.

Ciri-ciri Penyu Belimbing

Penyu belimbing adalah penyu terbesar yang masih hidup dengan bentuk yang sangat khas sehingga ditempatkan dalam keluarga tersendiri, yaitu dermochely.

Tempurung penyu belimbing sedikit fleksibel dan memiliki tekstur kenyal. Tidak ada sudut tajam yang terbentuk antara tempurung dan perut bawah, sehingga penyu belimbing agak berbentuk tong.

Sirip depan penyu belimbing lebih panjang daripada penyu laut lainnya. Ukuran penyu belimbing bisa mencapai 270 cm bila sudah berusia dewasa.

Penyu belimbing terbesar yang pernah tercatat adalah seekor pejantan yang terdampar di West Coast of Wales pada 1988 dengan berat 916 kg.

Deretan sisik putih memberi penyu belimbing garis putih yang membentang di sepanjang punggung mereka.

Area Jelajah Penyu Belimbing hingga Sebab Kepunahan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK