TIPS OTOMOTIF

Cara Aman Lintasi Polisi Tidur yang Tak Sesuai Aturan

CNN Indonesia | Senin, 27/09/2021 19:40 WIB
Polisi tidur di jalanan bisa beragam, ada yang aman karena sesuai peraturan dan ada juga yang ekstrem hingga dapat merusak kendaraan. Ilustrasi polisi tidur. (realteksafetynet.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polisi tidur adalah alat pembatas kecepatan jadi sudah seharusnya pengemudi melambat saat ingin melaluinya. Sering 'menghajar' polisi tidur bisa mengakibatkan kerusakan pada kendaraan dan juga mengganggu kenyamanan berkendara.

Polisi tidur di jalan ada beragam bentuknya. Jika sesuai aturan, Permenhub Nomor 14 Tahun 2021, setidaknya bentuk polisi tidur ada tiga, yaitu speed bump, speed hump, dan speed table.

Namun di jalanan ada juga polisi tidur yang dibuat sembarangan, nah kalau yang ini bisa jadi tak sesuai aturan dan lebih berpotensi merusak kendaraan serta mengganggu kenyamanan.


Masalahnya pengemudi tak selalu tahu mana polisi tidur yang sesuai aturan atau tidak, jadi direkomendasikan melakukan langkah berikut ini demi keamanan:

Kurangi kecepatan

Sikap paling utama menghadapi polisi tidur adalah mengurangi kecepatan ketika hendak melewati polisi tidur. Jangan anggap remeh polisi tidur walau bentuknya terlihat kecil dan seolah tidak berbahaya.

Saat akan melewati polisi tidur, pastikan mengurangi kecepatan, kemudian lintasi dengan kecepatan seminimal mungkin, terlebih buat gundukan yang terbilang tinggi.

Tujuannya agar ban kendaraan tidak terbentur keras, hal ini juga dilakukan demi menghindari risiko loncat atau gesekan dengan bagian bawah kendaraan.

Makin tinggi, makin pelan

Ada rumus saat melintasi polisi tidur, yakni jika bentuknya semakin tinggi maka pengendara harus melintasinya dengan kecepatan semakin pelan. Buka pedal gas setelah ban belakang selesai melintasi polisi tidur.

Cari titik rata

Anda pasti sering menemukan polisi tidur kecil berderet dua sampai tiga buah. Saat melewatinya pastikan mencari titik polisi tidur yang tingginya sama rata. Dari jauh Anda dapat melihatnya dan memperkirakan titik mana yang mudah dilewati.

Kondisi polisi tidur yang tidak rata atau tinggi sebelah tentu akan menyulitkan pengendara melintasinya. Hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya benturan yang tidak diinginkan.

Jika tak sadar ada polisi tidur

Kebablasan melintasi polisi tidur yang tidak kelihatan bisa saja terjadi pada pengendara. Saat hal ini kejadian solusinya tetap tenang sembari memegang kendali kendaraan dan hindari mengerem mendadak.

(ryn/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK