Cara Mengetahui WA Sudah Dibaca Meski Centang Biru Nonaktif

Tim | CNN Indonesia
Sabtu, 02 Okt 2021 18:09 WIB
Ada cara mengetahui WA sudah dibaca walaupun centang biru dimatikan. Trik tersebut sangat sederhana dan bisa Anda coba. Ilustrasi. Ada cara mengetahui WA sudah dibaca walaupun centang biru dimatikan. (istockphoto/ oatawa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Centang biru jadi salah satu fitur WhatsApp yang disukai banyak orang. Centang biru yang dimatikan membuat seseorang tak bisa mengetahui apakah pesannya sudah dibaca atau belum.

Lantas, bagaimana cara mengetahui WA sudah dibaca walaupun centang biru dimatikan?

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi berbagi pesan instan yang populer di seluruh dunia. Popularitas tersebut membuat WhatsApp terus memperbarui aplikasinya dengan menghadirkan berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna.

Salah satu fitur yang umum digunakan adalah centang biru. Pada dasarnya, fitur ini menjadi penanda pesan yang sudah dibaca. Dengan fitur ini, pengirim bisa tahu bahwa pesan telah dibaca penerima.

Namun, karena alasan privasi, beberapa orang mungkin tak ingin pengirim tahu bahwa pesannya telah terbaca. Untuk alasan tersebut, WhatsApp meluncurkan opsi untuk menonaktifkan centang biru.

Ilustrasi Whatsapp. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaIlustrasi. Ada cara mengetahui pesan WA sudah dibaca meski centang biru dimatikan. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Saat fitur centang biru nonaktif, pengirim tak akan tahu apakah pesannya sudah dibaca oleh penerima atau belum. Bagi beberapa orang, hal ini boleh jadi menjengkelkan.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada cara untuk mengetahui WA sudah dibaca walaupun centang biru dimatikan.

Trik membaca pesan WhatsApp walau centang biru nonaktif ini cukup sederhana. Mengutip Live Mint, Anda bisa membuat grup WhatsApp bersama dengan orang-orang atau penerima pesan yang dituju.

Bagaimana bisa demikian? Fitur centang biru tak berlaku penuh di grup WhatsApp. Di grup WhatsApp, masih ada cara mengeceknya meski centang biru dimatikan. Berikut langkahnya.

1. Buat grup WhatsApp dengan si calon penerima pesan
2. Kirimkan pesan
3. Setelah beberapa saat, klik titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih opsi 'Info'
4. Di sana Anda bisa melihat apakah penerima telah membaca pesan atau belum

Selain itu, Anda juga bisa melakukan cara lain dengan mengirimkan voice note (VN) pada penerima. Perlu diketahui, tanda centang biru tak akan berlaku pada pengiriman VN secara pribadi.

Ilustrasi WhatsappIlustrasi. Trik mengetahui pesan WA sudah dibaca meski centang biru nonaktif sangat sederhana untuk dilakukan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Meski terasa agak mengganggu, namun Anda layak mencoba trik ini. Berikut langkahnya.

1. Kirimkan pesan teks ke penerima yang dituju.
2. Kirimkan VN ke penerima yang sama.
3. Cek, apakah VN telah dibaca atau belum. Jika sudah, berarti penerima telah membaca pesan teks yang dikirimkan sebelumnya.

Demikian cara mengetahui WA sudah dibaca walah centang biru dimatikan. Selamat mencoba!

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER