Tanda HP Android dan iPhone yang Diblokir Whatsapp November

eks | CNN Indonesia
Sabtu, 02 Oct 2021 15:03 WIB
Pengguna bisa mengenali sejumlah tanda apakah hp Android dan iPhone mereka termasuk yang akan diblokir Whatsapp pada November atau tidak. Ilustrasi. Pengguna bisa mengenali sejumlah tanda apakah hp Android dan iPhone mereka termasuk yang akan diblokir Whatsapp pada November atau tidak. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Terdapat sejumlah tanda yang bisa dikenali pada sejumlah handphone (HP) Android dan iPhone yang tak lagi bisa pakai Whatsapp pada November mendatang.

Pasalnya, aplikasi Whatsapp milik raksasa teknologi Facebook disebut akan memblokir sejumlah ponsel dari daftar ponsel yang menerima pembaruan keamanan mereka bulan depan.

Hal ini akan menyebabkan ponsel-ponsel tersebut kehilangan akses terhadap fitur-fitur terbaru dari Whatsapp. Selain itu, ponsel-ponsel tersebut juga tidak akan mendapatkan proteksi karena kehilangan pembaruan keamanan dari pihak Whatsapp.


Sejumlah ponsel ini tidak diblokir oleh Whatsapp dikarenakan ponsel tersebut sudah termasuk ke dalam kategori ponsel lawas, sehingga tidak memenuhi kebutuhan minimal untuk mendapatkan pembaruan keamanan.

Tanda ponsel akan diblokir Whatsapp

Beberapa tanda yang bisa dikenali pada ponsel yang tak lagi bisa memakai Whatsapp pada November bisa dilihat dari sistem operasi yang digunakan oleh handphone tersebut.

Ponsel yang akan diblokir Whatsapp tidak menggunakan Android 4.0.4 atau pada iPhone dengan iOS 9. Sehingga ponsel pintar yang termasuk ke generasi di bawah itu tidak akan mendapatkan pembaruan keamanan lagi.

Cara cek HP yang akan diblokir Whatsapp

Anda dapat mengecek versi sistem operasi iPhone Anda dengan cara berikut.

1. Pilih Setting (Pengaturan)
2. Pilih General
3. Pilih About

Sementara untuk Android bisa dilakukan dengan cara berikut:

1. Pilih Setting (pengaturan),
2. Pilih About Phone (tentang ponsel) atau About Device (tentang perangkat),
3. Cek Versi Android (Android version) untuk menampilkan versi sistem operasi Android yang terpasang.



Alasan HP diblokir Whatsapp

Aplikasi Whatsapp selalu memberikan pembaruan pada fitur layanan di aplikasi mereka. Pembaruan ini kerapkali mengharuskan ponsel pintar untuk memenuhi beberapa kriteria, di antaranya sistem operasi.

Sehingga, ponsel-ponsel yang sudah terlalu lawas sudah tidak kompatibel dengan fitur-fitur baru yang diberikan Whatsapp ini.

Whatsapp pun akhirnya memutuskan untuk menghentikan dukungan pada perangkat yang sudah tidak kompatibel dengan pembaruan aplikasi.

Sebab, Whatsapp akan memilih untuk memberikan upaya agar aplikasinya lebih kompatibel dengan perangkat-perangkat yang lebih baru. Sehingga, aplikasi pesan instan itu bisa digunakan lebih optimal.

Maka dari itu jika perangkat Anda menggunakan versi Android lebih baru dari Android 4.0.4 maka ponsel Anda masih dapat digunakan mengakses WhatsApp. Namun apabila ponsel tersebut sudah cukup lawas, maka artinya Anda perlu mengganti ponsel agar bisa memakai layanan WhatsApp.

Hal ini juga terjadi pada ponsel iPhone dari pabrikan Apple yang menjalankan sistem operasi lebih lawas dari iOS 9. Pengguna harus mengganti perangkat mereka agar peretas tak dapat menyusupi sistem melalui celah keamanan yang mungkin terbentuk dari hilangnya dukungan keamanan.

Daftar 44 HP Android dan iPhone yang Diblokir Whatsapp

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER